Dokter Ini Ceritakan Rasanya Jadi Garda Terdepan Tangani Corona

- Selasa, 17 Maret 2020 | 11:41 WIB
Dokter Sean Thum, yang menangani pasien corona. (Facebook/Sean Thum)
Dokter Sean Thum, yang menangani pasien corona. (Facebook/Sean Thum)

Dalam unggahan di akun Facebook-nya, Sean Thum menceritakan betapa semangatnya ia untuk membantu menangani pasien penderita virus corona.

Bersama dengan dua rekannya, Brigette dan Edward, mereka mulai melakukan pemeriksaaan terhadap pasein.

Mulai dari melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik seperti merekam tanda-tanda vital, mengambil cairan tenggorokan, hidung serta sampel darah pada malam pertama bertugas.

Dilansir dari World of Buzz, Sean menceritakan bahwa ia dan rekannya harus membuat keputusan apakah pasien akan dirujuk ke rumah sakit atau tidak, setelah berkonsultasi dengan spesialis yang bertugas.

"Kami juga harus mendaftarkan nama pasien ke dalam sistem pemberitahuan penyakit sehingga kami, dan rekan kami yang melakukan pelacakan kontak, akan dapat menemukan pasien tersebut," ujar Sean.

Sean menambahkan, saat bertugas, ia dan rekan-rekannya harus menggunakan pakaian hazmat.

Pakaian ini kata Sean terbilang cukup rumit untuk dipakai karena banyak lapisan dan harus digunakan dengan benar.

"Ketika memakai dengan benar, kamu tidak merasakan gerakan udara di sekitarmu. Ketat dan membatasi gerakan. Masker N95 menekan rahangmu, dan membuat panas. Pernapasan bisa menjadi sedikit sulit,"  sambungnya.

-
Potret Sean Thum usai tangani pasien corona. (Facebook/Sean Thum)

Setelah menjalani tugas, Sean dan teman-temannya akan langsung berburu minuman, untuk mencegah dehidrasi. Dia pun mengingatkan semua orang agar menjaga kebersihan untuk mencegah terinfeksi virus corona.

"Pandemi ini akan berlalu, akhirnya. Tetapi sebelum itu, kita semua harus bekerja bersama untuk mengatasi tantangan yang dihadapinya kepada kita. Ingat, virus tidak membeda-bedakan siapa yang terinfeksi. Mari kita bekerja bersama," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X