Antisipasi Pencurian di Rumah Kosong, Pemudik Diimbau Titip Barang ke Kantor Polisi

- Sabtu, 8 April 2023 | 22:01 WIB
Ilustrasi Rumah (FREEPIK)
Ilustrasi Rumah (FREEPIK)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, mengimbau kepada para pemudik, untuk menitipkan barang-barang berharganya ke tempat penitipan atau kantor polisi terdekat. Itu untuk mencegah aksi pencurian di rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya mudik.

"Kalau jumlahnya (pemudik) meningkat tentu banyak rumah rumah yang ditinggalkan. Bisa jadi, pemudik punya mobil dua karena dia naik bis, naik kereta api. Nah, ini jadi masalah kita," kata Karyoto kepada wartawan, Sabtu (8/4/2023).

Jenderal polisi bintang dua tersebut kemudian mengimbau masyarakat, untuk menitipkan barang-barang berharganya ke tempat penitipan barang.

-
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Mabes Polri, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Baca Juga: Pesan Kapolda Metro Jaya ke Pemudik yang Bawa Anak: Jangan Naik Motor!

Jika tidak ada tempat penitipan barang, Karyoto meminta masyarakat menitipkan barang-barangnya ke kantor polisi terdekat selama mudik.

"Saya mengupayakan cari tempat penitipan yang berbayar murah misalnya, ada misalnya PT A punya space berapa, bisa nggak dititipkan barang-barang masyarakat, tapi setidaknya kalau ada kantor polisi yang halamannya luas, silahkan lebih aman," bebernya.

Animo Masyarakat Mudik Tahun Ini Tinggi

Selain itu, Karyoto menyebut, animo masyarakat untuk mudik tahun ini sangat besar sehingga banyak rumah kosong ditinggal pemudik. Sebab, beberapa tahun terakhir, dilakukan pembatasan mudik.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, BNNK Samarinda Sosialisasikan Bahaya Narkoba ke Pelabuhan 

"Yang saya perhatikan kalau andai kata covid tahun ini mulai mereda dan sudah mulai buka masker, berarti bertanda keadaan sudah mulai membaik dan orang yang selama ini tertahan sekian tahun atau empat tahun ingin pulang melihat orang tuanya, apalagi yang bapak-ibunya masih hidup. Tentunya, itu jadi impian setiap anak yang ingin ketemu sama orang tua," pungkas Karyoto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X