Polisi Angkut 24 Motor yang Tak Pakai Spion dan Gunakan Knalpot Racing di Wilayah Jember

- Selasa, 21 Februari 2023 | 16:16 WIB
Anggota Satlantas Polres Jember mengangkut beberapa sepeda motor yang tak kenakan spion dan gunakan knalpot racing. ( Z Creators/Arkha Hatta)
Anggota Satlantas Polres Jember mengangkut beberapa sepeda motor yang tak kenakan spion dan gunakan knalpot racing. ( Z Creators/Arkha Hatta)

Sebanyak 24 sepeda motor yang sedang terparkir di sejumlah titik jalan di wilayah kota Jember, Jawa Timur diamankan oleh Anggota Satlantas Polres Jember, Senin (21/2/2023) malam. 

Kebanyakan pemilik motor adalah anak-anak usia sekolah dan mahasiswa itu sedang asik nongkrong. Motor-motor yang sedang terparkir dilihat oleh Anggota Satlantas Polres Jember, beberapa di antaranya tidak standar kemudian langsung diangkut ke atas mobil patroli.

Motor-motor yang diamankan polisi itu, adalah yang melanggar ketertiban lalu lintas. Seperti menggunakan knalpot racing alias brong, tidak terpasang kaca spion, dan tidak ada plat nomor. Puluhan motor itupun, langsung dibawa ke Pos Satlantas di Jalan Letjen Pandjaitan, Kecamatan Sumbersari, Jember.

Kasat Satlantas Polres Jember AKP Arum Inambala menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh para anak buahnya merupakan program baru dari dirinya, dengan membentuk Tim Zebra (Zero Brong Area Jember) yang terdiri dari 20 anggota unit Lantas Polres Jember.

“Malam ini kita kebetulan melakukan tindak penertiban kendaraan bermotor, dan juga merupakan program baru dari Satlantas Polres Jember, kami kini memiliki Tim Zebra (Zero Brong Area Jember),” kata perempuan yang akrab disapa Arum saat dikonfirmasi Z Creator Arka Hatta.

“Apa itu Tim Zebra? Nantinya tim ini yang akan menindaklanjuti keresahan masyarakat soal banyaknya kendaraan bermotor roda dua yang menggunakan knalpot Brong. Sehingga menimbulkan suara kebisingan setiap hari. Oleh karena itu kami dari Satlantas Polres Jember menindaklanjuti dengan adanya Tim Zebra ini,” sambungnya menjelaskan.

Baca Juga: Bupati Garut Bagi-bagi Ratusan N-Max ke Kepala Desa: Buat Kerja Ya!

Terkait giat patroli dan operasi penertiban ini, Arum menjelaskan, pihaknya keliling patroli ke sejumlah titik lokasi sasaran. 

Berangkat pukul 8 malam dari Pos Satlantas Polres Jember, kemudian langsung menuju titik sasaran di alun-alun Kota Jember, Jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, GOR PKSPO,  kemudian juga patroli ke wilayah lain.

“Dari giat malam ini, kita melakukan hunting system dan mengamankan 24 motor, yang kemudian kita bawa ke Pos Satlantas Polres Jember. Puluhan motor ini dinilai tidak lengkap, menggunakan knalpot brong yang jelas meresahkan, tidak memasang kaca spion, tidak ada plat nomor, dan juga bentuk fisik motor tidak standar,” ujarnya.

Baca Juga: Patroli Skala Besar Polda Metro, Sasar Kerumunan Hingga Parkir Liar

Selanjutnya dari giat penertiban dan operasi ini, kata Arum, puluhan motor yang diamankan akan dikembalikan ke pemiliknya. Tapi sebelum itu, harus dikembalikan ke kondisi semula.

“Sebagai bentuk tindakan kita yakni Preemtif, Preventif, dan represif. Tapi tidak lupa juga kita mengedepankan edukatif. Artinya tidak hanya ditilang, tapi orang tua kita panggil dari pemilik motor tidak standar ini. Kemudian kita berikan edukatif agar sama-sama memberikan pengawasan kepada anak-anaknya. Untuk knalpot brong nanti dihancurkan sendiri dulu oleh anak atau pemilik motor, untuk kemudian diganti sesuai standar,” ujarnya.

-
Anggota Satlantas Polres Jember mengangkut beberapa sepeda motor yang tak kenakan spion dan gunakan knalpot racing. ( Z Creators/Arkha Hatta)

Lebih lanjut Arum menyampaikan, terkait giat dari Patroli dan operasi Tim Zebra, nantinya tidak hanya dilakukan di satu malam saja.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X