Biar Gak Nyasar, Ini Panduan Transit dari Bogor, Depok, Nambo di Stasiun Manggarai

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 10:58 WIB
Peron 7 Stasiun Manggarai (Jafriyal/IDZ Creators)
Peron 7 Stasiun Manggarai (Jafriyal/IDZ Creators)

Langkah Kementerian Perhubungan dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian untuk menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral semakin nyata. Salah satunya dengan mengubah arus lalu lintas Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor, Depok dan Nambo. Mulai hari ini, Sabtu (28/5/2022) tiga KRL tersebut akan berakhir di Stasiun Manggarai.

Dampak dari langkah ini, penumpang dari daerah Bogor, Depok, Nambo yang ingin ke arah Sudirman, Tanah Abang, Jatinegara dan Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai. Selain itu ke depannya perjalanan kereta jarak jauh di Stasiun Gambir akan dialihkan ke Stasiun Manggarai. 

-
Peron 10, 11, 12, 13 Stasiun Manggarai (Jafriyal/IDZ Creators)

Kemenhub dan Ditjen Perkeretaapian meyakini dengan perubahan tersebut penumpukan penumpang di Stasiun Sudirman berkurang karena arus penumpang dipecah di Stasiun Manggarai. Selain itu penumpang langsung ke pusat kota dengan naik dan turun di Stasiun Gambir.

Agar kalian enggak kebingungan ini panduan transit di Stasiun Manggarai dari arah Bogor ke Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Jatinegara dan Jakarta Kota.

Perhatikan lokasi peron

Pertama, ketahui lokasi peron. Saat ini KRL Bogor, Depok dan Nambo berhenti di peron 6 dan 7 Stasiun Manggarai. Bagi yang ingin ke ke Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Jatinegara dan Jakarta Kota kamu harus pindah ke peron 10, 11, 12 dan 13. Empat peron ini berada di jalur atas Stasiun Manggarai.

-
Arus transit, keluar dan masuk Stasiun Manggarai (Jafriyal/IDZ Creators)

Kalian bisa menggunakan tangga, eskalator dan lift yang tersedia di Stasiun Manggarai. Hal sebaliknya juga berlaku sama.

Hitung waktu perjalanaan

Hitung waktu perjalanan kalian pindah peron dengan tepat karena akan ada transit penumpang dari Stasiun Cikarang dan Bekasi di Stasiun Manggarai. Selain itu jangan lupa ada kereta bandara.

-
Penunjuk arah peron 10, 11, 12, 13 Stasiun Manggarai (Jafriyal/IDZ Creators)

Dengan pola ini kecepatan kereta akan meningkat dari 70 km/jam menjadi 90 km/jam. Saat ini setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek mulai pukul 04.00 sampai 00.00 WIB.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X