Viral Rombongan Disebut Tentara China Masuk Indonesia, Polisi Pastikan Hoaks!

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:34 WIB
Video orang-orang yang diisukan merupakan tentara China (Twitter/@QaillaAsyiqah)
Video orang-orang yang diisukan merupakan tentara China (Twitter/@QaillaAsyiqah)

Sebuah video viral di media sosial menampilkan sejumlah orang di landasan pesawat yang disebut sebagai personel tentara China. Polisi memastikan informasi tersebut adalah hoaks.

Dilihat INDOZONE di akun Twitter @mencaricinta99, video menampilkan suasana di sebuah landasan pesawat. Sejumlah personel tampak berpakaian dinas dan ada pula mobil milik aparat kepolisian.

Narasi, yang disebar oleh akun tersebut, menyebutkan orang-orang itu merupakan personel tentara China yang sudah masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Soal Pungli Laporan, Polda Metro Jaya Bakal Konfrontir Bripka Madih dengan Penyidik

"Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran...... Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!* Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??," tulis arasi dalam video tersebut seperti dilihat pada Sabtu (4/2/2023).

Akun instagram @divisihumaspolri sendiri memastikan jika informasi mengenai tentara China sudah ada di Indonesia dan diangkut oleh mobil polisi dipastikan tidak benar.

"Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah hoaks," tulis akun divisihumaspolri.

Diikonfirmasi, Komandan Satuan (Dansat) Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan, siapa personel yang menggunakan seragam dan dibawa oleh mobil polisi. Dia menyebut, personel itu merupakan polisi yang ditugaskan di Papua dan tergabung dalam Operasi Damai Cartenz.

Baca Juga: Dilaporin Polisi Lagi, Nikita Mirzani: Aduh Pusing Gue Selalu Diberitakan

"Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi Satgas Damai Cartenz Papua," ungkap Mulyadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X