Mencekam! Penampakan Banjir Bandang di Parepare, Jalur Trans Sulawesi Lumpuh Total

- Kamis, 2 Februari 2023 | 08:58 WIB
Banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Z Creators/Rudi Hartono)
Banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Z Creators/Rudi Hartono)

Banjir yang di sebabkan curah hujan tinggi di wilayah Kota Parepare, Sulawesi Selatan membuat jalur Trans Sulawesi lumpuh. Seperti yang terlihat di Jalan Bau Massepe, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki, Parepare. 

Arus lalu lintas bahkan sempat di tutup selama kurang lebih satu jam karena derasnya air yang membelah jalan. Sejumlah pengendara roda dua bahkan terjatuh ketika mencoba melintasi deras arus air. Puluhan diantaranya juga mengalami gagal mesin akibatnya mendadak mati di tengah jalan.

"Ada 6 pengendara yang terjatuh, karena kayu, bebatuan, dan lumpur yang juga terbawa air, motor saya juga mati mendadak," ujar Nurdin, saat ditemui Z Creators, salah satu pengendara dari Toraja Utara berencana menuju Makassar.

-
Penampakan banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Z Creators/Rudi Hartono)

Hal yang sama juga terjadi di jalur Trans Sulawesi Pinrang Parepare. Beberapa ruas jalan bahkan untuk sementara di tutup karena ketinggian air sudah mencapai 1 meter diatas jalan raya. Pihak kepolisian terpaksa mengalihkan pengendara ke jalur alternatif.

"Mereka terpaksa harus memutar jauh ,karena memang sudah tidak bisa di lalui, bisa-bisa kendaraan mereka mati total kalau nekat melintas," terang Kapolsek Soreang Parepare AKP Muhammad Amin.

Selain sempat melumpuhkan jalur Trans Sulawesi, hujan deras dengan intensitas tinggi akibat cuaca buruk ini juga merendam ratusan rumah milik warga di dua kecamatan. 

-
Banjir di Kota Parepare mengakibatkan jalur Trans Sulawesi lumpuh. (Z Creators/Rudi Hartono)

Termasuk longsor di wilayah Kecamatan Bacukiki Barat yang mengakibatkan 2 warga tertimbun tanah longsor. Kedua korban sudah berhasil dievakuasi dan dilarikan ke Rumah Sakit Andi Makkasau untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X