Jokowi Ungkap Kemristek Berhasil Kembangkan Alat Tes Virus Corona

- Senin, 11 Mei 2020 | 11:29 WIB
Presiden Joko Widodo (ANTARA)
Presiden Joko Widodo (ANTARA)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkanhingga saat ini Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Riset Industri Nasional tengah berhasil mengembangkan alat-alat tes virus corona atau Covid-19.

"Saya menerima laporan dari Kemenristek-BRIN yang berhasil mengembangkan PCR test kit, non PCR diagnostic test, dan juga ventilator dan mobile laboratorium biosafety level 2 (Mobile BSL-2)," ucap Jokowi dalam video conference, Senin (11/5/2020).

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar inovasi-inovasi yang telah dilakukan tersebut mulai dapat diproduksi secara massal, sehingga tidak lagi mengimpor dari negara lain.

"Kita harapkan nanti paling tidak akhir Mei, atau Juni ini sudah bisa kita produksi," ungkapnya.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga melihat adanya kemajuan yang signifikan dari pengujian plasma. Ia menyebutkan rencananya akan dilakukan pengujian klinis dalam skala besar.

"Juga saya melihat sudah ada kemajuan signifikan soal pengujian plasma yang rencananya ini akan dilakukan pengujian klinis dalam skala besar di beberapa rumah sakit, dan juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," terang Jokowi.

 

Artikel menarik lainnya

Polisi Usut Rekaman Video Perundungan Ferdian Paleka Oleh Tahanan

Jokowi Ingatkan Masyarakat Tak Mudik Jika Sayang Keluarga

Akibat Covid-19, Ruben Onsu Rumahkan 2.500 Karyawan Tapi Tetap Beri THR

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X