Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

- Sabtu, 1 Juni 2019 | 09:42 WIB
Antara/Bayu Prasetyo
Antara/Bayu Prasetyo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari lahir Pancasila yang dihelat di halaman Gedung Pancasila, Komplek Kementerian Luar Negeri (01/6/19). Dalam acara peringatan tersebut, Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian adat asal Solo.

"Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, bangsa Indonesia dianugerahi Pancasila yang menjadi pemandu kita dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya saat upacara berlangsung.

Presiden menilai bahwa Pancasila berperan sebagai benteng bangsa dalam menghadapi ideologi-ideologi lain dan menjadi rumah bagi seluruh komponen bangsa. Jokowi juga menambahkan bahwa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang mampu menghadapi masa-masa sulit dan bersatu menghadapi tantangan-tantangan bangsa.

"74 tahun perjalanan Republik Indonesia telah membuat bangsa kita menjadi bangsa yang dewasa dan matang. 74 tahun yang penuh dinamika, naik dan turun, tetapi kita bisa mengelolanya, mampu mengelolanya dan semakin memperkokoh persatuan kita," Kata Presiden Jokowi.

Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri sejumlah putra putri bangsa yang terdiri dari siswa-siswi sekolah mengenakan pakaian adat, hingga anggota TNI serta kepolisian. Begitu juga dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja, mereka pun mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X