Tak Kalah dari Superhero Luar Negeri, Ini 5 Pahlawan Super Indonesia

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 14:41 WIB
photo/Pinterest/apkpure.com/Instagram/@gundalaofficial
photo/Pinterest/apkpure.com/Instagram/@gundalaofficial

Selama ini, kata 'superhero' identik dengan tokoh-tokoh Marvel seperti Superman, Batman, Spider-Man, X-Men, Thor, Captain America, Iron Man, dan lain sebagainya.

Cerita-cerita superhero yang ditayangkan dalam bentuk film layar lebar pun semakin seru dengan penggunaan efek visual canggih atau Computer Generated Imagery (CGI). Dengan berbagai efek, para pahlawan super terlihat sangat memukau dengan aksinya.

Tapi taukah kamu, bahwa Indonesia sejatinya juga punya superhero keren yang tidak kalah kuat dan hebat dengan superhero dari luar negeri. Nah, berikut dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (31/8), inilah 5 superhero dari Indonesia.

1. Maza

-
photo/Wikipedia

Maza merupakan salah satu dari sekian banyak superhero Indonesia buatan penulis Harya Suraminata (Hasmi). Pertama kali muncul tahun 1968, Maza memiliki kekuatan besar dan dua buah pisau belati yang dapat mengeluarkan jin. Jin yang bernama Kartubi itu akan tunduk pada semua perintah Maza.

2. Caroq

-
photo/Pinterest

Caroq adalah seorang karakter pahlawan super Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq diciptakan pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai supir taksi. Ia memiliki kekuatan sihir untuk mengubah dirinya menjadi seorang pahlawan super. Caroq memiliki dua bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

3. Zantoro

-
photo/apkpure.com

Zantoro alias Siluman Belati adalah seorang yang ahli memainkan dan membuat senjata tajam. Kemampuan itu diwarisinya dari sang ayah yang merupakan seorang pembuat pedang.

4. Gundala Putra Petir

-
photo/Instagram/@gundalaofficial

Tokoh komik buatan Hasmi ini muncul tahun 1969 dan menjadi inspirasi bagi para komikus Indonesia. Diceritakan, Sancaka sejak kecil kehilangan kedua orang tuanya dan harus bertahan hidup di Jakarta. Dia kemudian mendapatkan kekuatan super berupa petir dari Raja Kerajaan Petir yang merupakan ayah angkatnya sendiri. Cerita Gundala sudah pernah difilmkan pada tahun 1982, dan kembali diangkat ke layar lebar pada 29 Agustus 2019.

5. Godam Manusia Besi

-
photo/Wikipedia

Seorang komikus bernama Widodo Noor Slamet (Widodo NS) membuat komik pertamanya berjudul "Memburu Doktor Setan" pada 1969. Tokoh Godam dalam komik itu diceritakan sebagai teman Gundala yang memiliki kekuatan super bisa terbang dengan jubah yang ia kenakan. Ada 15 judul komik Godam, dua komik terakhir berjudul "Tirani Biru di Negeri Godam" dan "Setan" sama-sama dibuat pada tahun 1980.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X