Tanjungpinang Umumkan Kasus Pertama Positif Corona

- Rabu, 18 Maret 2020 | 12:43 WIB
Ilustrasi: Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020). (ANTARA/Oky)
Ilustrasi: Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020). (ANTARA/Oky)

Dinas Kesehatan Kepulauan Riau (Kepri) telah mengumumkan kasus pertama virus corona (COVID-19) di daerahnya, Selasa (17/3/2020). Pasien terinfeksi corona tersebut diketahui merupakan warga Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang.

Pria 71 tahun itu diduga terpapar virus sepulang berobat dari Malaysia. Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, mengungkapkan pria tersebut berobat pada tanggal 5 Maret 2020 dan kembali ke Tanjungpinang di hari yang sama.

5 hari kemudian tepatnya tanggal 10 Maret 2020, ia tiba-tiba mengalami demam, batuk-batuk dan sesak napas.

Pada 12 Maret, ia memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat dan kemudian dirujuk ke RSUD Raja Ahmad Thabib (RAT) Kepri di Tanjungpinang, karena diduga terkena gejala awal COVID-19.

Sehari setelah diisolasi tepatnya tanggal 14 Maret 2020, setelah hasil uji laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) keluar, pria tersebut dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Dinkes Tanjungpinang kemudian mengambil langkah dengan melacak jejak kontak pasien tersebut. Diketahui, ada sekitar 20 orang yang pernah berinteraksi langsung dengan pasien yaitu, keluarga dan orang-orang terdekatnya.

Pasien tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD RAT. Kondisinya juga disebut sudah stabil dan membaik. Sesak napas, batuk, dan demamnya juga sudah mulai sembuh.

Namun, pihak rumah sakit masih tetap siagakan oksigen untuk pasien tersebut. Melihat kondisi saat ini, pasien COVID-19 itu pun punya harapan besar untuk sembuh.

Artikel menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X