KBRI Riyadh Janji Perjuangkan Nasib Jemaah Umrah RI yang Kantongi Visa

- Kamis, 27 Februari 2020 | 19:04 WIB
Ilustrasi orang melakukan ibadah umrah (UNSPLASH/Haidan).
Ilustrasi orang melakukan ibadah umrah (UNSPLASH/Haidan).

Pemerintah RI berupaya melobi Kerajaan Arab Saudi agar mengizinkan jemaah umrah asal Indonesia, yang sudah mengantongi visa berangkat ke Tanah Suci. 

Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, pun telah berkomunikasi dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Mohammed Saleh Benten, terkait persoalan tersebut. 

"Diperoleh informasi bahwa Kementerian Haji dan Umroh sudah resmi menghentikan visa umrah untuk sementara. Dubes RI juga sedang perjuangkan nasib calon jemaah umrah yang sudah mendapatkan visa," demikian keterangan tertulis KBRI Riyadh, Kamis (27/2/2020).

KBRI Riyadh pun mengimbau seluruh WNI di Arab Saudi untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan, antara lain selalu rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, hingga menghindari sentuhan langsung dengan hewan (hidup atau mati). 

"Serta tidak mengunjungi pasar hewan, bagi yang sedang menderita gejala sesak napas untuk tetap berada di rumah serta menutup mulut dan hidungnya dengan masker apabila batuk atau bersin," lanjut pernyataan KBRI Riyadh. 

Seperti diketahui, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan tersebut berlaku mulai Kamis (27/2/2020). 

Hal itu dilakukan berdasarkan rekomendasi otoritas kesehatan Arab Saudi. Pemerintah setempat diminta melakukan langkah pencegahan masuknya virus corona ke Arab Saudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X