Bamsoet: Kawasan Ancol Paling Tepat Jadi Lokasi Sirkuit Formula E

- Jumat, 26 November 2021 | 19:53 WIB
Ketua IMI Bamsoet (ANATARAFOTO/HO)
Ketua IMI Bamsoet (ANATARAFOTO/HO)

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo sebut kawasan Ancol tepat untuk menggelar Formula E pada Juni 2022 mendatang. 

"Dari lima lokasi pilihan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), yang paling tepat adalah kawasan Ancol," ucapnya, Jumat (26/11/2021). 

Kendati demikian, Ketua Panitia Pengarah Formula E ini memastikan kalau lokasi balap mobil listrik tersebut akan ditentukan oleh IMI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dan Formula E Operation (FEO). 

Baca juga: Demi Kesuksesan Formula E di Jakarta, IMI Dilibatkan secara Langsung

Hingga kini, ketiga pihak tersebut tengah mengkaji secara mendalam terkait penentuan lokasi. Pasalnya, menurut Bamsoet, hal itu tidak bisa diputuskan di sembarang lokasi. 

"Tidak sembarang lokasi bisa dijadikan sirkuit Formula E. Formula E memiliki keunikan tersendiri dibanding balapan sejenis lainnya karena menggunakan jalan raya ditengah kota," tambahnya. 

Selain itu, menurut Bamsoet, pembangunan sirkuitnya tidak boleh mengganggu struktur yang sudah ada. Misalnya, mengubah atau memindahkan bangunan yang sudah ada, apalagi sampai memotong pepohonan dan merusak lingkungan. 

"Karenanya membutuhkan keahlian khusus yang kompleks. IMI sangat berperan disana, memastikan lokasi sirkuit yang dipilih akan dikembangkan lebih lanjut agar sesuai dengan standar FEO dan juga standar Fédération Internationale de l'Automobile/FIA," tandas Bamsoet. 

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X