Taliban Berkuasa Warga Kabur, 2 Orang Jatuh dari Pesawat Militer AS Usai Lepas Landas

- Senin, 16 Agustus 2021 | 18:53 WIB
Penumpang gelap pesawat militer AS jatuh dari ketinggan usai lepas landas. (Tangkap layar video)
Penumpang gelap pesawat militer AS jatuh dari ketinggan usai lepas landas. (Tangkap layar video)

Ribuan orang yang putus asa melarikan diri dari bandara Kabul saat Taliban mengambil alih kendali kekuasan di Afghanistan.

Mereka mati-matian menyelamatkan diri dengan bergegas untuk menaiki pesawat untuk mendapatkan penerbangan meninggalkan Kabul.

Setelah kekacauan meletus di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, semua penerbangan sipil ditangguhkan.

Dua yang orang putus asa seperti itu mengikat diri mereka ke roda pesawat militer yang lepas landas dari landasan.

Tampak dalam video mengerikan itu memperlihatkan dua orang jatuh dari pesawat militer Amerika Serikattak lama setelah lepas landas.

Keduanya tewas setelah jatuh dari pesawat miliki AS yang sedang mengevakuasi personel dan warganya dari Kabul.

-
Seorang anggota Taliban (tengah) berdiri di luar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afganistan, Senin (16/8/2021). (Foto/Reuters)

 

Video lain menunjukkan orang-orang berlarian di landasan bandara internasional Kabul saat pesawat militer AS mencoba lepas landas.

Lima orang tewas di tengah kekacauan di bandara Kabul pada Senin, kata saksi mata. Tidak jelas apakah mereka ditembak atau dibunuh karena terinjak-injak.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TRT World (@trtworld)

Pasukan Amerika telah menembak ke udara untuk mencegah orang yang mencoba memaksa masuk ke dalam pesawat militer yang akan membawa diplomat AS dan staf kedutaan keluar dari kota yang jatuh dikuasai Taliban, lapor kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat AS.

-
Pasukan Britain dari 16 Air Assault Brigade tiba di Kabul, Afganistan, untuk menyediakan bantuan kepada warga Britain. (Foto/Reuters)

 

Orang-orang memadati bandara mulai Minggu malam dengan ratusan orang berkeliaran di landasan pacu dengan kondisi gelap, mereka menarik bagasi dan berdesak-desakan untuk mendapatkan tempat di salah satu penerbangan komersial terakhir yang berangkat sebelum pasukan AS mengambil alih kontrol lalu lintas udara.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X