Dinkes DKI Telusuri Nakes yang Diduga Lakukan Pelecehan ke Ibu Hamil

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:33 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Michaela Markovicova)
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Michaela Markovicova)

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memberikan tanggapan terkait viralnya video seorang ibu hamil yang mendapatkan pelecehan secara verbal di salah satu puskesmas di Jakarta.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta Purwadi, mengatakan pihaknya tengah menelusuri ke lapangan untuk mencari fakta-fakta terkait video viral tersebut.

"Tim kami sedang turun lapangan untuk telusur, dan konfirmasi terhadap fakta lapangan yang terjadi," ucap Purwadi saat dikonfirmasi, Rabu (6/10/2021).

Kemudian, Dinkes DKI pun turut prihatin dengan apa yang menimpa ibu hamil tersebut. Purwadi menilai hal itu di luar aspek kepatutan, sehingga ia meminta hingga ada hasil penelusurannya.

Baca juga: 3 Tanda Kalau Kamu Mendapatkan Pelecehan Verbal dari Pasangan

"Kami nanti menunggu laporan dari temen-teman suku dinas kesehatan yang sedang turun ke lapangan. Pastinya kami dalam koridor pembinaan terhadap tenaga kesehatan tetap akan melakukan penegakan disiplin pegawai," ungkapnya.

"Termasuk kepada tenaga kesehatan dengan standar kompetensi yang ada termasuk terkait dengan aspek etiknya," tambah Purwadi.

Diketahui, dalam video viral di Tik Tok dengan nama akun @stevfanywijaya, ia mengungkapkan salah satu kerabatnya tengah mengalami kontraksi hamil 9 bulan. Namun tak bisa dilayani dengan BPJS karena tak didampingi suami.

"Tenaga-tenaga medis tersebut mengatakan seperti ini, 'kalau tidak ada suami tidak bisa pakai BPJS, kalau ada suami baru bisa pakai BPJS' dengan nada ketus," tulis akun itu.

Tak sampai di situ, tenaga kesehatan juga mengucapkan kalimat pelecehan dengan menanyakan sudah berapa banyak lelaki yang berhubungan badan dengan si ibu hamil tersebut.

"Bidan tersebut bisa-bisanya menyerang saudara saya (pasien) yang sedang mules dan nangis merintih kesakitan dengan pertanyaan 'sudah berhubungan sama berapa cowok buk? PANTASKAH?" tambah akun itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X