Wajah Sayu Ni Putu Rika Usai Buang Mayat Bayinya, Pacarnya Kabur Tak Mau Tanggung Jawab

- Selasa, 8 Juni 2021 | 11:45 WIB
Kolase foto Ni Putu Rika Silvia dan bayinya saat ditemukan. (ist)
Kolase foto Ni Putu Rika Silvia dan bayinya saat ditemukan. (ist)

Ni Putu Rika Silvia (22 tahun) hanya tertunduk malu saat dihadirkan dalam konferensi pers oleh Polres Buleleng, Senin (7/6/2021.

Memakai kaos putih dan rok merah jambu, berdiri di belakang polisi dan menghadap wartawan, ia membenamkan wajahnya dalam-dalam, berusaha agar tidak tersorot kamera.

Upayanya menyebunyikan parasnya cukup terbantu oleh masker berwarna biru dongker yang ia kenakan. Ia pun menurunkan poninya untuk menutupi sisa wajah sayunya yang masih terlihat.

Ya, Rika ditangkap oleh jajaran Polsek Busungbiu dan Satreskrim Polres Buleleng, pada Kamis (3/6/2021), dengan sangkaan membuang bayi yang baru dilahirkannya pada Selasa, 1 Juni lalu, di Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali.

Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Kadek Sely Riskiani yang saat itu melintas hendak membeli makanan.

Saat ditemukan, kondisi bayi tersebut cukup mengenaskan. Kedua lengannya hilang entah ke mana.

Dari hasil pemeriksaan, Rika mengakui bahwa ia telah membuang bayi kandungnya tersebut. Ia mengaku tega melakukan hal itu karena malu, lantaran ia hamil di luar pernikahan, sementara pacarnya, yang kini sudah menjadi mantan pacar, tak mau bertanggung jawab.

Menurut keterangan pihak kepolisian, saat melahirkan bayinya, Rika hanya seorang diri tanpa bantuan siapa pun. Proses melahirkannya pun terbilang tak lazim karena tidak ada tanda-tanda kontraksi sebagaimana yang dialami perempuan pada umumnya.

Saat itu, ia hanya merasa mulas dan ketika ia jongkok, bayi dalam perutnya keluar begitu saja.

Melihat kepala bayinya, Rika lantas menariknya keluar hingga seluruh badan si bayi utuh terlahir.

Namun, kepada polisi, ia mengaku bahwa saat itu bayinya sudah dalam keadaan meninggal dunia saat ia lahirkan.

Kesimpulan itu ia tarik setelah melihat kondisi bayinya tak bergerak dan sama sekali tak menangis.

Karena yakin bayinya sudah tak bernyawa, dan ia sendiri pun memang selama ini malu sehingga menutupi kehamilannya dari orang tuanya, Rika lantas membungkus bayi tersebut dan menyembunyikannya di gudang rumahnya.

Keesokan harinya, malam-malam, Rika mengambil jasad bayi tersebut dan meletakkan di gang depan rumahnya, dengan harapan ada orang lain yang menemukan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X