Dilanda Hujan Deras, Kemenkes Dirikan Posko Bantuan Korban Banjir Medan

- Senin, 7 Desember 2020 | 22:57 WIB
Peresmian posko kesehatan di lokasi banjir yang melanda Kota Medan. (Photo/Antara/HO/Kemenkes)
Peresmian posko kesehatan di lokasi banjir yang melanda Kota Medan. (Photo/Antara/HO/Kemenkes)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendirikan pos komando (posko) kesehatan di lokasi banjir yang melanda Kota Medan pekan lalu yang diperkuat oleh tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Sumatera Utara dan Rumah Sakit Adam Malik.

Tenaga Ahli Menteri Kesehatan Andi yang mewakili Menkes Terawan Agus Putranto, menyebutkan bahwa posko tersebut berfungsi untuk memberikan bantuan tenaga kesehatan bagi korban banjir.

“Warga juga bisa cek kesehatan, mendapatkan vitamin dan obat-obatan,” katanya.

Selain itu, Andi juga menyerahkan bantuan dari Menkes berupa vitamin C, masker, alat rapid test, obat-obatan, serta perlengkapan bayi anak.

Andi juga menyampaikan kalau Menkes turut berduka untuk korban yang meninggal serta yang menjadi korban dalam musibah itu. Selain itu, Menkes juga mengimbau agar warga korban tetap menjaga protokol kesehatan di tempat-tempat pengungsian.

Baca juga: Jelang Pilkades 20 Desember, Bupati Bogor Minta Satgas Lakukan Edukasi Masif soal Prokes

“Apabila merasakan gangguan kesehatan diharapkan dapat segera cek di posko kesehatan kemenkes,” kata Andi.

Menkes, kata Andi, mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mewaspadai, curah hujan yang tinggi menjelang akhir tahun.

Berdasarkan Data Pusat Pengendalian Operasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), per 5 Desember 2020, banjir mengakibatkan lima orang meninggal dunia,  dua orang hilang dan 4.249 KK atau 12.783 jiwa terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bersama tim gabungan telah mengevakuasi 181 jiwa, di antaranya anak-anak 67 jiwa dan lansia 26 jiwa. Sedangkan kerugian materiil, sebanyak 1.493 unit rumah warga dan satu masjid terendam saat kejadian yang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB pada Kamis lalu. Di samping itu, seluas 69 hektar lahan juga terendam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X