Ridwan Kamil Targetkan Cetak 100 Ribu Petani Milenial di Jawa Barat

- Jumat, 26 Maret 2021 | 18:03 WIB
Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil menggunakan aplikasi pada gawai untuk bertani di lahan pertanian desa Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (26/3/2021).  (photo/ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil menggunakan aplikasi pada gawai untuk bertani di lahan pertanian desa Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (26/3/2021). (photo/ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menargetkan bisa mencetak sekitar 100 ribu petani milenial di wilayah Jabar hingga masa akhir jabatannya sebagai gubernur dan saat ini baru ada sekitar delapan ribu petani milenial.

"Jadi target saya di atas 100 ribu petani baru (milenial). Sekarang yang daftar baru 8.000-an. Tapi ternyata kan biasanya ada seleksi alam, wah semangat-semangat ketika ada 'pungkal-pengkol', 'bulak-belok' pasti ada seleksi alam ini, ujar pria yang sering di sapa Kang Emil saat menghadiri acara Kick Off Petani Milenial di Kampung Pasir Angling Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/3) dikutip dari ANTARA.

Dalam kesempatan tersebut Emil sapaan akrabnya menuturkan bahwa dirinya bertekad dan akan fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan food security selama menjabat sebagai Gubernur Jabar.

"Jadi kalau dinas, di klaster pangan ditanya terus (soal food security) karena inilah menurut saya masa depan yang teruji oleh pandemi seperti saat ini (COVID-19)," kata dia.

Baca juga: Mudik 2021 Dilarang, Polri Siapkan Operasi Ketupat yang Berbeda

Menurut dia hanya sektor pangan dan digital yang bisa tumbuh saat sektor ekonomi lainnya sedang turun di saat pandemi COVID-19.

"Memang sektor kesehatan juga tumbuh di saat pandemi itu tapi yang bakal tumbuh terus itu kan soal pangan dan digital ini. Jadi ini adalah sebuah masa depan," kata dia.

Program Petani Milenial tersebut, menurut Emil, sangat tepat diimplementasikan untuk masa depan meskipun sedang dilanda pandemi COVID-19.

"Kenapa ini masa depan karena ini tanahnya kan bukan padang pasir. Jadi apa pun ditaruh di tanah Lembang ini bisa jadi atau tumbuh. Tanah di Jabar itu masuk dalam salah satu yang tersubur di dunia," kata dia.

Petani Milenial Juara merupakan sebuah program yang digagas oleh Pemprov Jabar dengan tujuan bisa menarik minat generasi milenial untuk membawa perubahan pada sektor pertanian masa depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X