Hujan Es di Medan, Ini Penjelasan BMKG

- Rabu, 16 September 2020 | 10:42 WIB
Ilustrasi hujan es. / Istimewa
Ilustrasi hujan es. / Istimewa

Hujan deras yang mengguyur Kota Medan pada Selasa (15/9) kemarin hadirkan cerita baru. Pasalnya, hujan yang berlangsung lama itu memunculkan butiran es dari langit. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I-Medan, Edison Kurniawan, menyebutkan, hujan es bisa terjadi karena uap air yang sangat dingin di atmosfer. Adapun ukuran hujae es sekitar 5-50 mm.

"Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku (freezing level). Awan yang tinggi puncaknya melebihi titik beku ini akan memiliki bagian atas yang suhunya lebih rendah dari nol derajat Celcius, sehingga awan tersebut mempunyai peluang sangat besar memproduksi es," kata Edison.

Menurutnya, butiran es memang bisa turun bersama hujan. Butiran es ini akan tetap terlihat karena tidak seluruhnya mencair meski turun ke tempat yang lebih hangat.

"Saat sudah cukup waktunya untuk hujan, maka butiran atau bahkan gumpalan es juga ikut jatuh ke permukaan bumi. Akibat ukurannya, walaupun es telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya dapat mencair," jelas Edison.

Sementara itu, BPBD Medan saat dimintai keterangan menjelaskan, hujan deras terjadi bersamaan dengan angin kencang mulai pukul 16.27 WIB Selasa sore. BPBD menyebut ada pohon tumbang dan menimpa pengguna jalan.

"Pohon tumbang menimpa pengguna jalan dan 2 orang mengalami luka berat. Kronologi kejadian berawal dari hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dan diperkirakan terjadi pada pukul 16.27 WIB pada hari Selasa (15/9)," jelas Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan, Nurly.

 

 

Artikel menarik lainnya : 

Nahas, Ojek Online Ini Tewas Tertimpa Pohon di Jakarta Barat

Saat Mandi Hujan, Dua Bocah di Medan Tertimpa Pohon Tumbang

Pohon Tumbang di Universitas Pancasila Diduga Karena Angin Kencang

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X