Awas! Sering Tidur Mendengkur Berkaitan dengan Risiko Kanker

- Minggu, 26 Mei 2019 | 11:19 WIB
photo/Ilustrasi/Proženy
photo/Ilustrasi/Proženy

Baru-baru ini ada riset yang mengatakan bahwa wanita yang mengalami Obstructive sleep apnea (OSA) sering ditandai dengan tidur mendengkur, lebih beresiko terkena kanker.

Adapun riset para ilmuwan di Yunani yang melibatkan data 19 ribu orang ini telah menemukan bahwa kanker lebih banyak ditemukan pada perempuan dengan sleep apnea. Dan hal serupa tidak teramati pada laki-laki.

"Kaitan ini khususnya kuat pada perempuan yang kami analisis, dan tidak terlalu kuat pada laki-laki," kata Dr Athanasia Pataka yang terlibat dalam penelitian ini, seperti dilansir dari laman dari Dailymail.

Selain itu, dikantakan bahwa sleep apnea merupakan kondisi menyempitnya saluran napas saat tidur. Maka tak jarang, kondisi ini menyebabkan henti napas tanpa disadari dan bisa terjadi berulang kali selama tidur.

Lebih lanjut, data juga memperlihatkan bahwa ada dua persen partisipan terdiagnosis kanker serius. Diyakini, kadar oksigen yang menurun karena saluran napas tidak lancar berperan pada peningkatan risiko kanker.

Meskipun demikian, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka yang memiliki sleep apnea tidak serta merta harus panik. Risiko kanker dipengaruhi juga dengan banyak faktor lain yang bisa dikendalikan seperti pola makan dan juga gaya hidup yang sehat.

Artikel Menarik Lainnya: 

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X