Kapolda Jawa Timur Tegaskan Akan Pecat Anggota yang Lakukan Pelanggaran

- Selasa, 2 November 2021 | 20:56 WIB
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat memberikan keterangan di Surabaya, Selasa (2/11/2021) terkait polisi nakal. (photo/ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim)
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat memberikan keterangan di Surabaya, Selasa (2/11/2021) terkait polisi nakal. (photo/ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim)

Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta menegaskan tidak segan-seganmemecat anggota polisi di jajarannya yang melakukan pelanggaran.

"Perintah Bapak Kapolri terkait anggota yang melakukan pelanggaran akan kami proses kode etik bahkan pidana kalau melanggar undang-undang, dan pasti akan saya pecat kalau terlibat narkoba," ujarnya di Surabaya, Selasa (2/11) dikutip dari ANTARA.

Kapolda mengatakan berlakunya penghargaan dan hukuman tergantung kinerja dari anggota. Jika anggota melakukan tugas dan wewenang dengan baik akan diberikan penghargaan.

Ia juga meminta kepada seluruh anggota polisi di Jatim untuk berkomitmen dengan baik dalam melaksanakan tugas melindungi masyarakat.

"Kepada seluruh kepala satuan wilayah kepala satker untuk mengecek, membina, memberikan arahan kepada anggota sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga kamtibmas, melindungi dan mengayomi masyarakat serta penegakan hukum," ucapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Optimis World Superbike Mandalika Jadi Awal Kebangkitan Pariwisata

Mengenai adanya tiga anggota polisi yang sedang menjalani sidang di Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jatim, Irjen Nico memastikan semuanya dalam proses dan berjanji akan merilis hasil dari sidang tersebut.

"Yang jelas, kami akan melihat jalannya sidang tidak main-main, khususnya kami memberikan komitmen apalagi untuk anggota yang memakai narkoba. Bandar narkoba harus dipecat. Saya ke sini untuk melihat langsung prosesnya," katanya.

"Jadi, saya minta seluruh kapolres, kasatker agar betul-betul mengecek anggotanya hadir atau tidak. Karena kalau dibiarkan, pimpinan harus bertanggung jawab," tambah dia.

Sementara itu, Polda Jatim telah membuka posko pengaduan untuk masyarakat jika menemukan anggota polisi yang melakukan pelanggaran.

"Kami sudah membuka laporan untuk polisi nakal. Posko pengaduan itu di bawah koordinasi Irwasda. Kami imbau masyarakat jangan segan dan bisa melakukan pengawalan," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X