Inggris Sudah Evakuasi Lebih dari 7 Ribu Orang dari Afghanistan

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 23:43 WIB
Anggota Angkatan Bersenjata Inggris terus mengambil bagian dalam evakuasi personel yang berhak dari bandara Kabul, di Kabul, Afghanistan 19-22 Agustus 2021, (photo/LPhot Ben Shrread/UK MOD Crown/Handout via REUTERS)
Anggota Angkatan Bersenjata Inggris terus mengambil bagian dalam evakuasi personel yang berhak dari bandara Kabul, di Kabul, Afghanistan 19-22 Agustus 2021, (photo/LPhot Ben Shrread/UK MOD Crown/Handout via REUTERS)

Inggris mengatakan pada Senin (23/8) malam waktu setempat, telah mengevakuasi lebih dari 7.000 orang dari Afghanistan.

Negara itu juga megatakan bahwa proses evakuasi akan berjalan selama situasi keamanan masih memungkinkan dan tak ada tanggal pasti terkait kapan penerbangan evakuasi akan berakhir.

“Sebanyak 7,109 orang telah dievakuasi dari Afghanistan di bawah Operasi PITTING yang dimulai pada 13 Agustus. Lebih dari 1.000 personel Angkatan Bersenjata yang diterjunkan di Kabul", kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan dikutip dari REUTERS.

Mereka yang dievakuasi mencakup staf kedutaan besar, warga negara Inggris, dan mereka yang memenuhi syarat dalam program Kebijakan Bantuan dan Relokasi Afghanistan dan sejumlah warga negara dari negara-negara mitra, menurut pernyataan tersebut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden sepakat pada Senin untuk bekerja sama guna memastikan mereka yang memenuhi syarat dapat meninggalkan Afghanistan, termasuk setelah fase pertama evakuasi rampung, kata kantor Johnson.

Taliban merebut kekuasaan awal bulan ini dari pemerintah yang didukung oleh Amerika Serikat, mengakibatkan ribuan orang melarikan diri dan berpotensi mewartakan kembalinya kekuasaan militan dan otokratis dua dekade lalu.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan pada akhir pekan bahwa Inggris harus beralih ke Rusia dan China untuk menerapkan "pengaruh moderat" atas Taliban, meskipun ada ketidakpercayaan antara Inggris dan kedua pemerintahan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X