Anies dan Ridwan Kamil Dinilai Sulit Berduet di Pilpres 2024 karena Tak Punya Partai

- Kamis, 17 Februari 2022 | 16:51 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA/Dewanto Samodro)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Kebersamaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ketika bermain bola bersama menyita perhatian publik di media sosial. Keduanya pun kompak mengunggah video pertandingan mereka di akun Instagram masing-masing.

Dalam unggahan Anies, banyak netizen yang menyerbu dengan melontarkan komentar dukungan agar kedua kepala daerah tersebut menjadi pasangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Kendati demikian, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai Anies dan Ridwan Kamil akan sulit kalau keduanya maju sebagai pasangan capres dan cawapres 2024.

"Karena duet keduanya akan sulit terjadi. Sebab, keduanya tak punya partai," ucap Ujang kepada Indozone saat dihubungi, Kamis (17/2/2022).

BACA JUGA: Pilpres 2024, Sekjen Gerindra Pastikan Prabowo Deklarasi Capres Tahun Ini!

Menurut Ujang, partai politik tak akan mau mendukung pasangan yang berasal dari non-parpol. Ia pun menyebutkan, Anies dan Ridwan Kamil memiliki nasib yang sama, yakni memiliki elektabilitas tapi tidak punya partai. 

"Bagi Parpol, tak rasional menduetkan capres dan cawapres yang dua-duanya dari non-parpol. Parpol akan rugi besar," ungkapnya.

"Yang rasional biasanya, satu dari partai dan satu lagi dari non partai. Nah dari non parpol inilah yang harus memiliki elektabilitas tinggi, agar bisa dilirik parpol," tandas Ujang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X