SBY Melukis Dirinya Sendiri saat Menatap Bentang Alam: Ini Saya saat Sedang Kontemplasi

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:11 WIB
SBY membuat lukisan terbaru, Minggu (9/10/2021). (Instagram)
SBY membuat lukisan terbaru, Minggu (9/10/2021). (Instagram)

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali membuat lukisan alam untuk mengisi waktu pensiunnya.

Kali ini, ia melukis dirinya sendiri dalam keadaan sedang menatap bentang alam. Ia menyebut bahwa dirinya dalam lukisan itu sedang berkontemplasi. Lukisan itu ia juduli “I Understand More the Meaning of Life”.

"Hari ini, di weekend yang tenang, saya mengekspresikan diri saya (dalam lukisan) ketika tengah melakukan kontemplasi, tafakur. Lukisan ini saya beri nama “I Understand More the Meaning of Life”," tulis SBY melalui akun Instagram @aniyudhoyono pada Sabtu (9/10/2021).

Dari corak alam yang dilukisnya, diduga lukisan itu adalah potret dari bentangan alam Pacitan yang dikenal dengan banyaknya bebukitan. Suasana dalam lukisan itu sedang senja, ditandai dengan langit yang berwarna jingga. Dalam lukisan itu, sosok SBY sedang berdiri berpekur menatap momen saat matahari tenggelam ditelan malam. Laut terlihat di kejauhan dan awan-awan mengambang di atasnya.

-
Lukisan terbaru SBY berjudul “I Understand More the Meaning of Life”. (Instagram)

SBY juga mengatakan, bahwa dirinya memang terbiasa berkontemplasi untuk memetik hikmah dan pelajaran dari setiap langkah yang ia ambil dalam hidup.

"Dalam perjalanan hidup saya, saya kerap dan terbiasa melakukan kontemplasi. Memetik hikmah dan belajar dari apa yang telah terjadi. Suka-duka, anugerah-musibah, sukses-gagal," lanjut akun SBY.

Lukisan ini pun menambah koleksi lukisan yang sudah diciptakan SBY semenjak pensiun. Rata-rata, lukisan SBY terinpirasi dari kenangannya saat berada di Pacitan, Jawa Timur.

Sebelumnya pada Agustus lalu, SBY meluncurkan lukisan "Debur Ombak Di Pantai Pacitan", "Jalan di Antara Bukit", "Pesona Gunung", "Indahnya Sunset", "Gunung Meletus".

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X