Kota Solo Bermandikan Cahaya Gemerlap, Ribuan Lampion Ramaikan Perayaan Imlek 2023

- Kamis, 12 Januari 2023 | 18:12 WIB
Ribuan lampion hiasi Kota Solo. (Z Creators/Tiara Surya)
Ribuan lampion hiasi Kota Solo. (Z Creators/Tiara Surya)

Berbeda dengan tahun lalu, perayaan Tahun Baru Imlek 2023 akan lebih meriah karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah berakhir. Sebanyak 5.000 lampion siap dipasang di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

Ribuan lampion dipasang mulai 10 Januari hingga 5 Februari 2023. Lampion itu digantung di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo sampai Jalan Jenderal Sudirman, Plaza Balai Kota Solo.   

-
Ribuan lampion hiasi Kota Solo jelang perayaan Imlek. (Z Creators/Tiara Surya)

Ketua Panitia Pelaksana Imlek 2023, Sumartono Hadinoto mengatakan perayaan pada 2022 dilakukan dengan sederhana karena masih dalam masa pandemi, sehingga kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo hanya dipasangi 1.000 lampion saja.

Pemasangan lampion tahun ini didominasi warna merah dan kuning. Uniknya, lampion-lampion ini berbentuk 12 shio, seperti lampion kelinci sebagai mascot. Lampion ini dipasang di sepanjang jalan dari arah Bundaran Patung Slamet Riyadi menuju Pasar Gede.

"Sesuai visi misi Pemerintah Kota Solo, tujuan perayaan Imlek 2023 untuk menjadikan kota Solo sebagai kota wisata," kata Sumartono, Selasa (10/1/2023).

-
Lampion dipasang sepanjang jalanan Solo. (Z Creators/Tiara Surya)

Perayaan Imlek di Solo akan dimeriahkan dengan Grebeg Sudiro di kawasan Pasar Gede. Pagelaran tersebut menggambarkan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa yang menjadi satu elemen.

Grebeg Sudiro dilaksanakan pada 10-30 Januari 2023 yang terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Umbul Mantram pada 12 Januari 2023 dan Karnaval Budaya pada 15 Januari 2023.

Enggak cuma itu, mulai tanggal 10-30 Januari juga akan ada ada bazar, panggung pentas seni, dan wisata perahu hias. Lalu pada 21 Januari 2023 akan dimeriahkan dengan pesta kembang api di Plaza Balai Kota Solo.

Imlek di Kota Solo akan ditutup dengan perayaan Cap Go Meh bersama Pemerintah Kota Solo pada 5 Februari 2023 di Pendapi Gedhe Balai Kota Solo.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X