Ratapan Warga Sidrap, Terisolir dan Aktivitas Lumpuh Total gegara Terjangan Longsor

- Senin, 5 September 2022 | 18:07 WIB
Akses jalan terputus (Z Creators/Asri Mursyid)
Akses jalan terputus (Z Creators/Asri Mursyid)

Sebanyak empat dusun di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan diterjang longsor pada Minggu, (4/9/2022) sekitar pukul 17.30 WITA. 

Akibatnya, sebanyak 879 warga yang berada di Dusun Wala-wala, Lumpingan, Lengke, dan Rante Siwa terisolir karena akses jalan mereka rusak.

-
Longsor membuat aktivitas warga lumpuh total (Z Creators/Asri Mursyid)

Dari pantauan di lokasi, material longsor tampak menutupi ruas jalan penghubung antar dusun di Bolapetti, Desa Leppangeng sepanjang kurang lebih 60 meter. Bahkan, aktivitas warga di empat dusun tersebut lumpuh total akibat material longsor menutupi jalan hingga ketinggian 45 meter. 

-
Warga terpaksa berjalan kaki melewati longsoran (Z Creators/Asri Mursyid)

Karena kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa keluar-masuk ke permukiman, warga terpaksa berjalan kaki melintasi lumpur sepanjang kurang lebih 100 meter. Warga berharap material lumpur dan bebatuan segera disingkirkan.

"Kami sudah ke lokasi menyingkirkan material longsor yang menutupi jalan. Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk menurunkan alat berat ke lokasi tanah longsor," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Sidrap, Hasanuddin, kepada Tim Z Creators pada Senin (5/9/2022).

-
Tanah longsor di Sidrap (Z Creators/Asri Mursyid)

Hasanuddin menambahkan, tidak ada korban jiwa dan rumah warga rusak dalam insiden ini. Meski demikian, kerugian ditaksir mencapai Rp120 juta akibat jalanan yang tertimbun longsor. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X