Rusia Ujicoba Rudal, Amerika Serikat Kerahkan Kapal Selam

- Kamis, 6 Februari 2020 | 05:03 WIB
Ilustrasi Kapal Selam USS New Mexico milik Amerika Serikat. (REUTERS/Antonio Parrinell)
Ilustrasi Kapal Selam USS New Mexico milik Amerika Serikat. (REUTERS/Antonio Parrinell)

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) pada Selasa (4/2/2020), mengumumkan pengerahan kapal selam yang membawa rudal jarak jauh terbaru, dengan hulu ledak nuklir yang relatif lebih kecil.

Dilansir Reuters, Rabu (5/2/2020), langkah ini diambil Pentagon sebagai reaksi atas ujicoba rudal sejenis yang dilakukan oleh Rusia. 

"Kemampuan ini memperkuat pencegahan, memberikan Amerika Serikat senjata strategis cepat yang dapat bertahan lebih lama," kata Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat John Rood dalam pernyataannya yang dikutip Reuters

Kendati berukuran lebih kecil, dengan daya hancur yang kurang dari 20 kiloton. Namun, kekuatannya sama seperti bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada Perang Dunia II tahun 1945 lalu.

Pejabat militer Amerika Serikat sendiri mengatakan, penggunaan senjata dengan hulu ledak nuklir lebih kecil, lebih berfungsi sebagai pencegah yang efektif dan mungkin untuk digunakan. Dibanding dengan bom nuklir yang berukuran lebih besar. 

Namun, hal ini memicu kekhawatiran kalangan kritikus dan pengamat yang menilai, 'perlombaan' untuk mengurangi daya ledak nuklir yang dimiliki, justru membuat peluang perang nuklir terwujud semakin besar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X