Masa Jabatannya Sebagai Presiden AS Berakhir, Donald Trump Tinggalkan Gedung Putih

- Rabu, 20 Januari 2021 | 22:44 WIB
Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump meninggalkan Gedung Putih menjelang dilantiknya Joe Biden di Washington, AS, Rabu (20/1). (photo/REUTERS/Leah Millis)
Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump meninggalkan Gedung Putih menjelang dilantiknya Joe Biden di Washington, AS, Rabu (20/1). (photo/REUTERS/Leah Millis)

Donald Trump, Rabu (20/1), mengakhiri jabatan sebagai presiden Amerika Serikat dengan meninggalkan kediaman resminya, Gedung Putih di Washington, DC, beberapa saat sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS.

Trump meninggalkan Gedung Putih sedikit lewat pukul 08.00 waktu setempat untuk terakhir kalinya dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews.

Didampingi Ibu Negara Melania, Trump terlihat berjalan keluar gedung ke helikopter Marine One. Dia akan langsung menuju Joint Base Andrews di Kota Maryland. 

Di sana, nantinya Trump akan dilepas diiringi upacara militer sebelum pergi ke Florida menaiki pesawat kepresidenan Air Force One untuk terakhir kalinya.

Trump memutus tradisi politik di AS selama lebih dari setengah abad dengan tidak menghadiri pelantikan Biden.

Tradisi tersebut dipandang sebagai cara untuk menegaskan peralihan kekuasaan secara damai dari presiden lama kepada presiden baru.

Biden, 78 tahun, akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS. Pelantikan Biden juga terpaksa dilangsungkan di Washington secara jauh lebih sederhana.

Alasanya utamanya karena pandemi virus corona,  selain itu juga karena kekhawatiran atas masalah keamanan usai Gedung Capitol, diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X