Kalimantan Barat Targetkan 70 Ribu Ibu Hamil Akan Segera Divaksin

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:44 WIB
Ibu Hamil sedang lakukan vaksinasi Covid-19. (REUTERS/Carla Carniel)
Ibu Hamil sedang lakukan vaksinasi Covid-19. (REUTERS/Carla Carniel)

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, akan mempercepat capaian vaksinasi bagi 70.000 lebih ibu hamil yang ada di provinsi itu untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, karena wanita hamil rentan terserang virus tersebut.

"Untuk jumlah ibu hamil di Kalbar yang menjadi sasaran sebanyak 70.000 lebih. Kita akan mengutamakan vaksinasi COVID-19 bagi yang usia kehamilannya di atas 3 bulan dan sebelum 8 bulan," kata Sutarmidji, Kamis (19/8), dikutip dari Antara.

Gubernur mengatakan COVID-19 ini menyerang paru-paru dan paru-paru ini menjadi organ tubuh yang sangat penting dalam pernafasan. Sementara wanita hamil memerlukan nafas yang lancar dan kuat, baik pada saat akan maupun saat proses persalinan.

"Jadi, vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil ini menjadi penting untuk mengurangi risiko yang tidak kita inginkan," katanya.

Sutarmidji menambahkan berdasarkan angka peningkatan kasus COVID-19, saat ini cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data klaim biaya COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jumlah kasus ibu hamil terkonfirmasi COVID-19 mencapai 35.099,  sedangkan bayi baru lahir usia 0-12 bulan yang terkena COVID-19 sebanyak 24.591.

"Menyikapi fakta tersebut, pemerintah akan mempercepat program vaksinasi ibu hamil, balita, dan anak-anak sebagai upaya untuk mencegah penularan sekaligus menekan laju peningkatan kasus terkonfirmasi dan meninggal akibat COVID-19," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson mengatakan vaksinasi untuk ibu hamil merupakan kelompok masyarakat yang berisiko tinggi terpapar COVID-19.

"Angka terpaparnya cukup tinggi untuk di Indonesia, sekitar 36 persen. Untuk itu pemerintah mendorong agar ibu hamil secepat mungkin untuk di vaksinasi, termasuk untuk ibu nifas dan ibu menyusui," kata Harisson.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar Dinkes dan Satgas COVID-19 di daerah bisa mempercepat vaksinasi untuk ibu hamil.

"Silahkan gerakkan Puskesmas dan bekerja sama dengan pihak lainnya, untuk mempercepat capaian vaksinasi ini," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X