Kemenkeu Siapkan Anggaran Rp414 T di 2022 untuk 5 Program Bansos

- Senin, 6 Desember 2021 | 09:42 WIB
Ilustrasi uang. (Foto/Unsplash/Mufid Majnun)
Ilustrasi uang. (Foto/Unsplash/Mufid Majnun)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, dana senilai Rp414 triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022.

Nantinya akan ada 5 bansos yang disalurkan, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH) yang mana akan diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Lalu, ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp300 ribu yang akan diberikan bagi warga desa. Selain itu juga ada Kartu Sembako Rp300 ribu yang akan menyasar 18,8 juta KPM.

Terakhir, program Kartu Prakerja yang akan dibuka bagi 2,9 juta peserta di 2022.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, Kartu Prakerja sendiri sudah tertera dalam RAPBN 2022. 

Terkait anggaran, program Kartu Prakerja akan menggunakan anggaran perlindungan sosial 2022 senilai Rp11 triliun. Penerimanya sendiri diutamakan berasal dari kelompok korban PKH serta pencari pekerjaan baru.

"Jadi prakerja, tujuannya sesuai dengan peraturan presiden itu memang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi kerja bagi semua orang, baik itu korban PHK, maupun pencari kerja baru," kata Denni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X