Viral Ilustrasi Rumini & Ibunya, 'Ceritakan Kronologi' saat Semeru Erupsi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:07 WIB
Ilustrasi Rumini dan sang ibu saat Erupsi Semeru. (TikTok/
Ilustrasi Rumini dan sang ibu saat Erupsi Semeru. (TikTok/

Korban bencana erupsi Gunung Semeru terus mengalami penambahan. Hingga Selasa Siang, (7/12), tercatat sebanyak 34 orang yang tewas dan 16 orang lainnya masih dalam pencarian.

Dari semua korban meninggal, salah satunya yang paling menyentuh hati adalah kisah Rumini (28), di mana ia ditemukan meninggal dalam kondisi berpelukan dengan sang ibu, Salamah (70).

Rumini sendiri adalah warga Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Saat erupsi, Sumini bisa saja langsung melarikan diri. Namun, ia tak tega dengan kondisi sang ibu yang sudah tidak sanggup untuk berjalan. 

Sebagai bukti cintanya pada ibu yang telah melahirkan dan membesarkannya, Rumini memilih untuk meninggal bersama ibunya ketimbang menyelamatkan diri seorang diri--tindakan yang sejatinya bisa saja ia lakukan jika ia menuruti egonya.

Saat ditemukan, rumah mereka telah roboh akibat jilatan awan panas. Di rumah itu, selain Rumini dan Salamah, juga ada suami Salamah (ayah Rumini) dan anaknya Salamah yang lain (adik Rumini). Berbeda nasib dari Salamah dan Rumini, suami Salamah dan adik Rumini selamat dengan kondisi luka-luka.

Kisah Rumini dan sang ibu pun beredar luar di media sosial. Bahkan oleh salah seorang netizen, kisah mereka dibuat dalam bentuk ilustrasi.

-
Rumini. (Instagram)

Ilustrasi itu diunggah di akun TikTok tatazie. Dalam video itu, ditambahkan percakapan antara ibu dan anak itu sebelum keduanya meninggal. 

"Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun , Mbak rumini ditemukan meninggal dunia di rumahnya, berpelukan dengan ibunya," kata si pemilik akun, dikutip Rabu (8/12).

@tatazie

Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun , Mbak rumini ditemukan meninggal dunia dirumahnya, berpelukan dgn ibunya ???????????? #semeru #semerumeletus

? Sholawat Sedih - Instrumental - Asraf Studio

Warganet yang melihat ilustrasi tersebut pun merasakan haru yang begitu mendalam. Banyak di antaranya yang turut mendoakan jenazah ibu dan anak itu agar ditempatkan di tempat terbaik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X