Kamu Harus Tau, Ini Tanda Terinfeksi Corona Tanpa Gejala

- Kamis, 26 Maret 2020 | 14:42 WIB
Warga Hubei memakai masker untuk cegah terkena virus corona ( REUTERS/Aly Song)
Warga Hubei memakai masker untuk cegah terkena virus corona ( REUTERS/Aly Song)

Profesor Nirmal Kumar, konsultan ahli THT mengungkapkan gejala baru pada mereka yang terinfeksi virus corona (COVID-19), yaitu kehilangan kemampuan mencium bau.

Nirmal Kumar mengatakan bahwa hidung menjadi pintu masuk utama saat seseorang bernapas dan droplet yang terinfeksi virus corona. Ini menunjukkan bahwa virus bisa saja sedang berdiam di hidung.

Baca: Kemenag Terbitkan Protokol Pengurusan Jenazah Pasien Corona Beragama Katolik

"Pada pasien muda tidak ada gejala signifikan misalnya batuk dan demam, tetapi mereka mungkin bisa kehilangan kemampuan mengecap rasa dan mencium bau, yang menunjukkan virus berdiam di hidung," ujar Nirmal, dilansir dari Sky News.

-
Ilustrasi kehilangan indera penciuman. (Hello Sehat)

Dosen klinis di King's College London, Dr. Nathalie MacDermott, mengatakan bahwa infeksi biasa terjadi lewat hidung atau tenggorokan.

Hal tersebut bisa menyebabkan hilangnya kemampuan indera penciuman dan juga indera pengecap. Gejala baru ini diketahui belum tersebar di komunitas medis.

-
Ilustrasi kehilangan indera penciuman. (Pixabay)

Di Korea Selatan, China dan Italia, banyak orang yang positif virus corona dilaporkan mengalami kondisi anosmia atau kehilangan kemampuan penciuman.

Orang yang mengalami kondisi ini disarankan untuk mengisolasi diri selama 7 hari untuk mencegah penyebaran virus.

Artikel Menaik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X