Nias Selatan Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Bahari di Kelas Dunia

- Rabu, 11 September 2019 | 12:51 WIB
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Kabupaten Nias Selatan berharap agar Nias menjadi destinasi wisata dunia. Dengan begini, akan banyak wisatawan yang datang untuk  menikmati keindahan bahari di daerah itu.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melalui Kadispora Baharuddin Siagian di Teluk Dalam pada Selasa (10/09/19), mengatakan  bahwa Nias khususnya Kabupaten Nias Selatan memiliki destinasi wisata yang cukup banyak seperti Pantai Sorake yang memiliki ombak cukup menantang bagi peselancar dunia.

-
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

 

Kini, di Kabupaten Nias Selatan sedang diadakan kejuaraan surfing tingkat dunia. Ada sebanyak 126 peselancar yang bersaing menaklukkan keganasan ombak Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Kejuaraan yang diberi nama Nias Pro Internasional Surfing digelar mulai hari dari tanggal 10 hingga 15 September 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggraeni Dachi mengatakan bahwa kejuaraan sudah dimulai dan pembukaannya telah digelar pada Selasa pukul 15.00 WIB.

Dari 126 peserta yang mengikuti kejuaraa, 102 diantaranya ialah laki-laki dan 24 orang sisanya adalah perempuan. Kejuaraan ini diikuti oleh 15 negara yakni Amerika Serikat, Australia, Portugal, Jepang, Venezuela, Perancis, Afrika Selatan, Argentina, Chile, Brazil, Spanyol, New Zealand, Peru, dan Indonesia.

-
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

 

Para peserta surfing sendiri dibagi dalam dua bagian yaitu untuk Man Qualifying Series (QS) 3000 dan Women pada Qualifying Series (QS) 1000.

Kejuaraan Nias Pro Internasional Surfing ini adalah bagian dari acara Sail Nias tahun 2018 di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan. Para peselancar akan memperebutkan hadiah sebesar 80 ribu dolar AS atau lebih dari 1 miliar rupiah.

-
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

 

"Untuk Man hadiah total 75 ribu dolar AS dan Women 5 ribu dolar AS," ungkap Anggraeni.

Kegiatan Sail Nias 2019 ini melibatkan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Nias Barat, Nias, dan Nias Utara.

-
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

 

Kegiatan yang berlangsung ke 11 kalinya sejak tahun 2009 ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan setelah acara selesai.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X