Terjaring Operasi Yustisi, Pria Ini Mencoba Sogok Petugas agar Dibebaskan

- Kamis, 24 September 2020 | 10:58 WIB
Pelanggar PSBB mencoba sogok petugas (Screenshot)
Pelanggar PSBB mencoba sogok petugas (Screenshot)

Operasi Yustisi masih terus digelar di berbagai daerah di Indonesia agar warga patuh menjalankan protokol kesehatan. Mereka yang kedapatan melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, akan langsung diamankan petugas.

Pelanggar akan diminta memilih melakukan sanksi sosial atau membayarkan denda atas pelanggarannya. Selama Operasi Yustisi berlangsung, berbagai perilaku masyarakat pelanggar protokol kesehatan terekam kamera.

Salah satunya adalah seorang warga mencoba menyogok petugas dengan uang agar tidak ditindak. Dilansir dari akun Instagram Warung Jurnalis, peristiwa ini terjadi di Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu (23/9/2020) pagi.

Namun, petugas dengan tegas menolak mentah-mentah sogokan tersebut dan meminta agar pelanggar melakukan sanksi sosial.

"Kalau memang bapak tidak mampu untuk denda, silakan sanksi sosial," tegas petugas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis) on

Pada akhirnya, pria tersebut melakukan sanksi sosial menyapu jalanan. Selain dia, pelanggar PSBB lainnya ada juga yang diberikan sanksi untuk mengatur arus lalu lintas.

Razia masker ini sempat diwarnai protes dari salah seorang pelanggar. Dia terlibat adu mulut dengan petugas dan menolak masker yang diberikan oleh petugas dengan alasan itu adalah masker bekas.

Beruntung adu mulut itu pada akhirnya dapat diredam. Selain Satpol PP dan kepolisian, Paskhas TNI AU juga turut diterjunkan dalam operasi yustisi.

Berdasarkan keterangan dari Kapolsek Cipayung, Kompol Tatik, ada 16 belas warga yang melanggar protokol kesehatan dalam razia kali ini.

"Kita menindak ada 16 pelanggar, beberapa yang kita berikan sanksi tadi salah satunya untuk membantu mengatur lalin (lalu lintas), supaya tau bagaimana beratnya kita menjadi petugas," kata Kompol Tatik.

Dia menambahkan bahwa tujuan razia masker ini agar masyarakat lebih disiplin selama masa pandemi Covid-19. ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X