Jadi Calon Kuat Kapolri, IPW Justru Sebut Komjen Listyo Bakal Jadi Wakapolri

- Selasa, 12 Januari 2021 | 14:31 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) yang saat ini masih didampingi ajudannya Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/1/2015). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Presiden Joko Widodo (kanan) yang saat ini masih didampingi ajudannya Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/1/2015). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Isu mengenai sosok pengganti Kapolri dan Wakapolri kian menguat akhir-akhir ini jelang masa pensiunnya Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Nama Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo pun mencuat diprediksi bakal menjabat sebagai Kapolri ataupun Wakapolri.

Indonesian Police Watch (IPW) tidak menampik jika nama Komjen Listyo masuk dalam radar pemilihan calon Kapolri dan Wakapolri. IPW menilai Komjen Listyo bakal menjadi Wakapolri.

"Siapa yang bakal menjadi Kapolri? Yang tahu persis hanya Presiden Jokowi karena soal Kapolri adalah hak prerogatifnya," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

"Sejak beberapa pekan lalu ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian Kapolri dan Wakapolri yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy," sambungnya.

Lebih jauh Neta menyebut dalam waktu dekat posisi Kabareskrim juga bakal terganti. Sebab, Komjen Listyo diprediksi IPW bakal menjadi Wakapolri.

"Yang menarik suksesi Kapolri kali ini akan diikuti dengan pergeseran posisi Wakapolri dan Kabareskrim. Sebab, Kabareskrim Sigit akan naik menjadi Wakapolri," kata Neta.

Neta menyebut posisi Kabareskrim akan diperebutkan oleh sejumlah nama jenderal bintang dua. Salah satu nama itu yakni Irjen Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Sementara posisi Kabareskrim akan diperebutkan oleh Wakabareskrim Irjen Wahyu, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil dan Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri," pungkas Neta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X