Burung Murai Hitam Langka Ini Dianggap Punah di Kalimantan Setelah 170 Tahun

- Sabtu, 27 Februari 2021 | 18:47 WIB
Babble Alis Hitam atau Murai Berkulit Hitam. (Photo/The Guardian)
Babble Alis Hitam atau Murai Berkulit Hitam. (Photo/The Guardian)

Babble Alis Hitam atau Murai Berkulit Hitam pertama kali terlihat dalam ekspedisi sekitar 170 tahun yang lalu di hutan Kalimantan. Burung itu tidak pernah terlihat di alam liar lagi dan spesimen boneka adalah satu-satunya bukti keberadaan burung itu.

Untung saja, burung itu ditemukan kembali oleh dua pria warga setempat, Muhammad Suranto dan Muhammad Rizky Fauzan di hutan Kalimantan Selatan, Oktober tahun lalu.

Kedua pria itu melihat seekor burung yang belum pernah mereka lihat sebelumnya dan melanjutkan untuk memotretnya sebelum melepaskannya kembali.

-
(Photo/The Guardian)

Sementara itu, dilansir dari laporan The Guardian, Sabtu (27/2/2021), orang-orang yang kemudian memberitahu para pengamat burung dan para ahli telah mengkonfirmasi identitas burung itu sebagai Babble Alis Hitam yang sulit dipahami dan dianggap punah.

“Rasanya tidak nyata mengetahui bahwa kami telah menemukan spesies burung yang dianggap punah oleh para ahli. Kami sama sekali tidak menyangka akan seistimewa itu - kami pikir itu hanyalah burung lain yang belum pernah kami lihat sebelumnya," kata Muhammad Rizky Fauzan.

-
(Photo/The Guardian)

Di sisi lain, ketika pandemi mulai mereda, para konservasionis berencana untuk mengunjungi lokasi di mana burung itu difoto karena daerah itu mungkin sangat terpengaruh oleh penggundulan hutan dan sudah saatnya sesuatu dilakukan di kederasan untuk menyelamatkan sekitar 1.700 spesies burung yang menyebut hutan itu sebagai rumah mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X