Alasan Menhub Pilih Youtuber untuk Kampanyekan Penerbangan

- Jumat, 18 September 2020 | 08:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kanan). (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kanan). (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan alasan mengajak operator penerbangan untuk melibatkan Youtuber atau selebgram dalam mempromosikan penerbangan. Menurut Menhub, hal itu untuk menghindari pemberitaan yang dinilai cenderung negatif selama pandemi.

“Saya sudah menghubungi dua Youtuber, mengajak Atta Halilintar dan Deddy (Corbuzier), saya jelaskan tentang HEPA ke kedua orang ini. Insyaallah memberikan satu cara lain karena dengan cara-cara yang biasa, berita ini sedemikian ‘heavy’ (berat). Berita negatif tentang COVID akan diumpamakan ketidakberdayaan dan ketidakpedulian pemerintah, itu kita dianggap pro-ekonomi saja,” kata Menhub seperti dilansir Antara di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Menhub juga mengajak para operator penerbangan untuk menggunakan cara-cara baru.

“Kita harus taat konsisten menyediakan waktu dan dana untuk promosi dengan cara-cara yang baru, ngomong sendiri di lingkungan sendiri siapa yang dengar. Kita butuh ‘endorser’, apa yang dilakukan bandara ketat banget. Orang menganggap kita abai. HEPA kita sampaikan. Saya pikir apa yang bapak lakukan sudah luar biasa tinggal bagaimana meng-announce (mengumumkan) secara cerdas, masuk kepada ‘endorser’, kantong-kantong, tertentu tidak bisa dengan cara-cara lama lagi,” jelas Menhub.

Sebelumnya diketahui, HEPA merupakan teknologi penyaringan udara dengan filter tertentu yang bisa membunuh 99,99 persen kuman dan virus yang dipasang di kabin pesawat dengan sirkulasi vertikal setiap dua hingga tiga menit sehingga dapat meminimalisasi penularan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X