BPBD: Karhutla di Aceh Barat Meluas Bertambah Menjadi Enam Hektare

- Minggu, 14 Maret 2021 | 15:22 WIB
 Petugas BPBD Aceh Barat melakukan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Kamis (11/3/2021) sore. (ANTARA/HO)
Petugas BPBD Aceh Barat melakukan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Kamis (11/3/2021) sore. (ANTARA/HO)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan bahwa luas kebakaran hutan dan lahan gambut di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek hingga Minggu (14/03) siang bertambah menjadi enam hektare.

Sebelumnya, pada Kamis (11/3), luas lahan yang terbakar di kawasan tersebut hanya mencapai sekitar tiga hektare.

"Luas lahan yang terbakar sudah mencapai enam hektare, upaya pemadaman sudah berhasil dilakukan mencapai 85 persen,” kata Koordinator Petugas Pusat Pengendalian Data dan Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Mashuri di Meulaboh, Minggu (14/03) siang, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa penyebab kebakaran lahan di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat, sejauh ini masih dalam penyelidikan petugas kepolisian setempat.

Namun, tim gabungan terdiri dari petugas kepolisian dari Polres Aceh Barat, TNI, BPBD, KPH Wilayah IV Aceh Barat, masyarakat serta relawan masih terus melakukan pemadaman dan pengawasan di lokasi kebakaran lahan.

Selain itu, Mashuri mengatakan bawhwa selama ini upaya pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat, dilakukan dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran, serta mesin pompa air untuk memudahkan pemadaman di lokasi kejadian.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan upaya pemadaman api akan dilanjutkan pada Senin (15/3) pagi bersama tim gabungan, sehingga diharapkan karhutla di daerah itu bisa segera diatasi.

“Kami sangat bersyukur karena selama ini pemadaman api lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat, juga terbantu dengan adanya guyuran hujan sejak sore hingga malam hari, kami berharap guyuran hujan masih terus terjadi sampai apinya padam,” kata Mashuri.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X