Resmi Jadi Presiden, Ini yang Joe Biden Katakan Saat Tiba di Gedung Putih

- Kamis, 21 Januari 2021 | 06:30 WIB
Presiden Joe Biden saat tiba di Gedung Putih. (REUTERS/Tom Brenner).
Presiden Joe Biden saat tiba di Gedung Putih. (REUTERS/Tom Brenner).

Setekah resmi dilantik menjadi  Presiden Amerika Serikat  (AS) yang ke-46,Joe Biden dan rombongannya melakukan beberapa agenda selanjutnya, sebelum akhirnya menuju Gedung Putih.

Melansir Reuters, Biden sempat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Makam Prajurit Tidak Dikenal di Pemakaman Nasional Arlington di Virginia, ditemani oleh Obama, Bush dan Clinton.

Setelah itu, iring-iringan mobilnya mengikuti parade singkat saat dia menuju ke Gedung Putih. Biden dan keluarganya meninggalkan limusin mereka di Pennsylvania Avenue untuk berjalan beberapa ratus meter terakhir ke kantor kepresidenan. Sambil sesekali melangkah ke tepi jalan untuk menyapa reporter atau teman.

“Rasanya seperti akan pulang,” kata Biden ketika ditanya bagaimana rasanya kembali ke Gedung Putih.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Bersumpah Akhiri Perpecahan di Amerika Serikat

Biden sendiri sempat berkantor di Gedung Putih saat ia menjadi wakil dari Presiden Barack Obama. Kini yang kembali ke Gedung Putih bersama pasangan wakil presidennya, Kamala Harris.

Pelantikan Biden sebagai presiden ke-46 merupakan puncak dari karir lima dekade dalam pelayanan publik yang mencakup lebih dari tiga dekade di Senat AS dan dua periode sebagai wakil presiden di bawah Obama. Pada usia 78, dia adalah presiden AS tertua dalam sejarah.

Presiden Joe Biden akan segera mengatur ulang tanggapan Amerika Serikat (AS) terhadap krisis Covid-19 saat dirinya menuju Gedung Putih. 

"Kita bisa mengatasi virus mematikan itu," kata Joe Biden dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden ke-46 AS, yang menyerukan persatuan di negara yang dicengkeram oleh perpecahan politik yang tegang.

Dia akan mulai mengerjakan perintah eksekutifnya setelah upacara pelantikan berskala kecil yang sangat berbeda dalam sejarah kepresidenan AS---dengan National Mall yang diubah menjadi "taman bendera", bukan kerumunan orang seperti biasanya---guna menghindari risiko penularan virus.

Sebagai bagian dari tindakan pertamanya, Biden akan memerintahkan agar semua pegawai federal mengenakan masker dan mewajibkan penutup wajah di properti milik pemerintah federal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X