Pasien Varian B117 Bertambah, DPR Minta Pemerintah Siap Hadapi Mutasi Virus Corona

- Selasa, 9 Maret 2021 | 10:47 WIB
Ilustrasi penelitian varian baru virus corona. (freepik/prostooleh)
Ilustrasi penelitian varian baru virus corona. (freepik/prostooleh)

Pemerintah mengungkap adanya penambahan empat kasus baru Covid-19 dengan varian B117 dari Inggris. Dimana virus B117 itu ditemukan di empat provinsi di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menghimbau kepada pemerintah untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi mutasi virus corona.

“Hampir semua bermutasi virus, saya mendorong agar aparat pemerintah bersiap-siap mempersiapkan diri dengan baik,” jelas Rahmad kepada Indozone, Selasa (9/3/2021).

Karenanya, Rahmad ingin pemerintah fokus dalam menghadapi mutasi virus corona ini. Dengan tidak hanya berpatokan kepada B117 saja, namun melakukan penelitian apakah ada mutasi lainnya.

Baca Juga: Dinkes DKI Sebut Terjadi Penurunan Keterisian RS Covid-19, Ini Penjelasannya

“Tidak hanya B117 covid-19 di Indonesia yang di lokal kita mungkin juga bermutasi dengan cara yang ada di berbagai daerah berbeda-beda,” jelasnya.

Maka dari itu, Politisi PDIP ini mendorong dalam hal ini Kementerian Kesehatan dapat segera melakukan penelitian melalui laboratorium yang ada. Diharapkan dapat mengantispasi adanya mutasi virus corona lainnya.

“Untuk itu lab kita Litbangkes mempersiapkan diri agar mutasi itu bisa kita antispasi pengendaliannya dka solusi, karena bisa jadi mutasi antara satu daerah dan lainnya berbeda-beda. Bisa juga datang dari lain mutasi dan terjadi di kita,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X