5 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, Siapa Saja?

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:21 WIB
Ilustrasi proklamasi kemerdekaan Indonesia (sman1tbtlampung.sch.id)
Ilustrasi proklamasi kemerdekaan Indonesia (sman1tbtlampung.sch.id)

Setelah melalui proses panjang untuk mencapai kebebasan, pada 17 Agustus 1945, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. 

Setelah kemerdekaan Indonesia dilantangkan melalui peristiwa proklamasi, banyak negara mulai menyadari Indonesia telah merdeka. Beberapa negara lantas mengakui kemerdekaan Indonesia tersebut. 

Adanya pengakuan ini berpengaruh terhadap unsur deklaratif dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang mana penting bagi suatu negara agar tidak diasingkan. 

Berikut ini beberapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, dilansir dari Gramedia

1. Mesir 

-
Ilustrasi bendera Mesir (tokopedia.com)

Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir. Pengakuan ini diketahui terjadi pada 22 Maret 1946. Sejak saat itu, kedua negara ini menjalani hubungan diplomatik yang hingga saat ini telah berlangsung selama 71 tahun. 

Meski pengakuannya telah dilakukan setahun lalu, dukungan kemerdekaan Mesir kepada Indonesia kembali disampaikan oleh Konsul Jenderal Mesir, Muhammad Abdul Mu'im pada 13 hingga 16 Maret 1947 saat Ia datang ke Yogyakarta. 

Setelah Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia, negara-negara timur tengah lainnya, seperti Suriah, Qatar, Irak, dan Arab Saudi turut memberi dukungan. 

2. Suriah 

-
Ilustrasi negara Suriah (youngpioneertours.com)

Negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Suriah. Negara ini merupakan salah satu anggota Liga Arab yang memperjuangkan persoalan Indonesia pada sidang PBB tahun 1947. 

Pada masa tersebut, Indonesia telah merdeka, namun agresi militer Belanda tak ada hentinya untuk menyerang Indonesia. Setelah Indonesia mengetahui hal demikian, hubungan bilateral pun terjadi antar dua negara ini. 

Sayangnya, hubungan Suriah dan Indonesia tak berjalin panjang. Pada tahun 2011, hubungan kedua negara sempat terhenti karena sebuah konflik yang menyerang Suriah. Oleh karenanya, hingga saat ini Suriah dan Indonesia hanya saling mendukung secara formalitas saja di ranah Internasional. 

3. Vatikan 

-
Ilustrasi bendera negara Vatikan (visitvatican.info)

Vatikan merupakan negara di benua Eropa yang menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara ini mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure atau berdasarkan hukum pada 6 Juli 1947. 

Dukungan negara ini atas merdekanya Indonesia sangat penting bagi tanah air. Ini karena Vatikan merupakan negara yang memiliki dampak pengaruh kuat dalam bidang agama dan sosial, sehingga dapat meningkatkan dukungan dari negara lain. 

Dengan adanya dukungan ini, pada 1947 hingga 1955, atas perintah Paus Pius ke XII, Marie Joseph menjadi duta besar Vatikan di Indonesia. Ia diberikan tugas menjadi perantara antara tahta suci Vatikan dengan pemerintahan negara Indonesia.

4. Lebanon 

-
Ilustrasi bendera negara Lebanon (ei-ie.org)

Lebanon juga menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto atau pada praktiknya pada tanggal 29 Juli 1947 yang disampaikan secara langsung oleh Presiden Lebanon pada saat itu, Bechara El-Khoury. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X