Arab Saudi Larang Warganya Berpergian ke Indonesia, Begini Penjelasan Kemlu

- Selasa, 24 Mei 2022 | 15:08 WIB
Bendera Arab Saudi. (REUTERS/Huseyin Aldemir)
Bendera Arab Saudi. (REUTERS/Huseyin Aldemir)

Pemerintah Arab Saudi melalui Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) melarang warganya untuk mengunjungi sejumlah negara, salah satunya adalah Indonesia lantaran kondisi penularan Covid-19.

Terkait hal tersebut, Kementerian Luar Negeri pun angkat bicara. Melalui Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, pemerintah Indonesia telah memberikan penjelasan  terhadap pihak Arab Saudi.

Faizasyah menjelaskan, Indonesia telah menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 di tanah air dalam kondisi yang sudah lebih baik, yakni penambahan kasus positifnya menunjukkan tren yang terus menurun.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Wajib Ada Dalam Menu Diet Sehat, Penting untuk Tubuh!

"Indonesia sudah menyampaikan ke pihak Saudi, bahwa penanganan COVID RI sudah berhasil menekan angka kasus positif," ucapnya kepada Indozone, Selasa (24/5/2022).

"Dan bahkan kondisi di tanah air sudah jauh lebih baik dari banyak negara dunia pada umumnya," tambah Faizasyah.

Diketahui dalam laporan mengutip Saudi Gazette, deretan negara yang dilarang pemerintah Arab Saudi untuk didatangi adalah di antaranya Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, dan India. Kemudian, Yaman, Somalia, Ethiopia, Kongo, Libya, Indonesia, Vietnam, Armenia, Belarus, dan Venezuela.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia pun telah memutuskan untuk melakukan pelonggaran memakai masker. Warga diperbolehkan untuk tidak mengenakan masker ketika berkegiatan di ruang terbuka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X