Fenomena Blue Moon Hiasi Langit Indonesia Malam Ini 22 Agustus 2021, Ini Penjelasan LAPAN

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 20:38 WIB
Ilustrasi Blue Moon. (Unsplash/@antohakraev)
Ilustrasi Blue Moon. (Unsplash/@antohakraev)

Fenomena Blue Moon atau Bulan Biru diketahui terjadi pada malam ini, Minggu 22 Agustus 2021. Menurut Andi Pangerang, selaku Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN fenonema yang Blue Moon kali ini terjadi kategori Bulan Biru Musiman.

Andi menjelaskan bahwa Bulan Biru sebenarnya tidak berarti warna Bulan menjadi biru. Ia mengatakan, asal usul historis ini dan dua defisininya masih simpang siur. Kebanyakan pihak pun menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi.

"Banyak orang meyakini istilah “Bulan Biru” yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka berasal dari ketika kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi mengubah Bulan menjadi berwarna kebiruan," ujar Andi seperti dikutip dari situs resmi LAPAN, Minggu (22/8/2021).

Istilah Blue Moon sebenarnya sudah ada sejak 400 tahun lalu. Penamaan Bulan Biru itu berasal dari seorang penutur cerita rakyat dari Kanada, yaitu Dr Philip Hiscock.

Dikutip dari Antara, penamaan 'Bulan Biru' mempunnyai arti ada hal yang ganjil dan tidak pernah terjadi.

Untuk definisi fenomena Bulan Biru, Andi Pangerang membaginya menjadi 2 definisi, yaitu Bulan Biru musiman dan Bulan Biru Bulanan.

Bulan biru musiman (Seasonal Blue Moon), yakni bulan purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali bulan purnama.

Bulan biru bulanan (Monthly Blue Moon), yakni bulan purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali bulan purnama.

Purnama pada 22 Agustus 2021 termasuk ke dalam bulan biru musiman. Di dalam Almanak Petani Maine di Amerika Serikat, purnama tersebut dinamakan sebagai Purnama Sturgeon dikarenakan pada bulan Agustus, ikan Sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap.

Purnama itu juga memiliki nama lain yaitu Purnama Jagung Hijau (Green Corn Moon), Purnama Ceri Hitam (Black Cherry Moon) dan Purnama Terbang Tinggi (Flying Up Moon).

Bulan biru musiman terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali, sebelumnya pernah terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016. Fenomena itu akan terjadi kembali pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027 mendatang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X