2 Orang Tewas, Polisi Usut Sebab Tabrakan Bus Transjakarta di Cawang dengan Alat 3D Laser

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:32 WIB
Kondisi bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan di Cawang, Jakarta, Senin (25/10/2021). (ANTARA/HO-Satlantas Polres Metro Jaktim)
Kondisi bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan di Cawang, Jakarta, Senin (25/10/2021). (ANTARA/HO-Satlantas Polres Metro Jaktim)

Polisi masih belum menemukan apa penyebab insiden tabrakan maut dua bus Transjakarta yang terjadi di jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur pada beberapa waktu lalu. Setelah melakukan investigasi untuk mengumpulkan barang bukti melalui rekaman CCTV (Closed Circuit Television) dan penggunaan metode Traffic Accident Analysis (TAA), kini polisi memakai alat pemindai laser 3D. 

"Hari ini agendanya untuk mengecek fisik kendaraan, 3D laser scanner salah satunya," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Argo menyebut metode ini akan sangat membantu para penyidik. Metode laser 3D ini akan bekerja seolah membuat simulasi saat tabrakan berlangsung.

"Ini membantu penyidik menentukan penyebab kecelakaan dalam bentuk video. Alat itu mengaktifkan sendiri seolah-olah kayak animasi visual," tutur Argo.

Seperti diketahui, sebuah bus Transjakarta menabrak bus serupa yang sedang menurunkan penumpang pada Senin (25/10/2021). Dalam insiden ini tercatat dua orang tewas dan 31 orang lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan bermula saat satu bus Transjakarta yang sedang berhenti di depan Halte Cawang-Ciliwung untuk menurunkan penumpang, lalu dihantam oleh bus lainnya dari arah belakang. 

Belum dapat dipastikan apakah ada kendala pada armada tersebut yang turut memengaruhi insiden kecelakaan itu. Namun, menurut PT Trasnportasi Jakarta, kondisi bus sudah layak operasi. Pihak perusahaan mengonfirmasi sparepart setiap armadanya dicek berkala, termasuk salah satu bus yang terakhir kali perawatannya pada 5 Oktober lalu. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X