Mantan Presiden Afrika Selatan Frederik Willem de Klerk Meninggal Dunia

- Jumat, 12 November 2021 | 09:01 WIB
Mantan presiden Afrika Selatan, Frederik Willem de Klerk. (REUTERS Kacper Pempel/File Photo)
Mantan presiden Afrika Selatan, Frederik Willem de Klerk. (REUTERS Kacper Pempel/File Photo)

Mantan presiden Afrika Selatan, Frederik Willem de Klerk meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021). Ia meninggal pada usia 85 tahun.

Frederik Willem de Klerk, orang kulit putih yang memimpin negara itu, dilaporkan meninggal di rumahnya di Cape Town setelah didiagnosis menderita kanker pada Maret tahun ini.

"Mantan presiden FW de Klerk meninggal dengan tenang di rumahnya di Fresnaye pagi ini setelah perjuangannya melawan kanker mesothelioma," kata Yayasan FW de Klerk dalam sebuah pernyataan, dikutip ABC News.

De Klerk adalah tokoh kunci dalam transisi Afrika Selatan menuju demokrasi.

Baca juga: Jelang Libur Musim Panas, Afrika Selatan Longgarkan Pembatasan Covid-19

Dia menjadi Presiden Afrika Selatan 15 Agustus 1989  sampai 10 Mei 1994. Kemudian dari 1994 hingga 1996, dia menjabat sebagai wakil presiden.

De Klerk yang juga menjadi presiden terakhir kulit putih, mengumumkan pencabutan larangan Kongres Nasional Afrika dan kelompok-kelompok politik anti-apartheid lainnya, saat ekonomi Afrika Selatan memburuk.

Pengumuman itu menggemparkan sebuah negara yang selama beberapa dekade telah dicemooh dan diberi sanksi oleh sebagian besar dunia, karena sistem diskriminasi rasialnya yang brutal.

De Klerk juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial, tapi dia menerima banyak penghargaan, termasuk Hadiah Nobel Perdamaian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X