DPR RI Dukung Skema Sekolah Tatap Muka Meski Masih Pandemi

- Senin, 15 Maret 2021 | 16:41 WIB
Kegiatan uji coba belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di SMAN 2 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/3/2021). (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
Kegiatan uji coba belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di SMAN 2 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/3/2021). (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung upaya pemerintah menyiapkan skema pembelajaran sekolah secara tatap muka di masa pandemi COVID-19.

Pembelajarn jarak jauh atau online dinilai hanya memiliki efektifitas sekitar 40 persen. DPR akan segera melakukan raker dengan Kemendikbud untuk membahas rencana sekolah tatap muka tersebut.

Komisi X DPR mendorong pemerintah segera merealisasikan rencana sekolah tatap muka agar anak didik bisa merasakan suasana sekolah kembali.

"Memang harus ada sekolah tatap muka, apapun, semangatnya bukan efektif atau tidak efektif, ini semangatnya supaya anak-anak mendapatkan suasana sekolah kembali. Sekarang ini anak-anak tidak mendapatkan suasana pembelajaran di sekolah, sudah setahun setengah ini," ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda di Cikarang, Senin (15/3/2021).

Syaiful menyebut selama masa pembelajaran jarak jauh ini, pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan kebutuhan penunjang mulai dari subsidi kuota internet hingga penyederhanaan kurikulum, namun ia tidak bisa memastikan apakah peran orang tua sebagai pengganti guru bisa dilakukan.

"Jadi kuncinya itu kemampuan orang tua menggantikan perannya sebagai guru. Pertanyaannya, tidak semua orang tua bisa memiliki peran sebagai guru, jumlahnya banyak atau dominan," katanya.

Pihaknya juga mendorong pemerintah segera menuntaskan vaksinasi massal kepada seluruh tenaga pendidik guna menunjang rencana sekolah tatap muka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X