Pengamat Kepolisian Singgung Konsep yang Dibawa Listyo Sigit sebagai Kapolri

- Jumat, 22 Januari 2021 | 14:43 WIB
DPR menyepakati penetapan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) sebagai Kapolri setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. (ANTARA FOTO/Galih)
DPR menyepakati penetapan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) sebagai Kapolri setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. (ANTARA FOTO/Galih)

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dalam waktu dekat ini bakal menjabat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun. Pengamat kepolisian menilai tidak ada kata untuk tidak menyetujui penunjukan Listyo sebagai Kapolri baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat kepolisian Bambang Rukminto. Ia menyebut konsep yang bakal dibawa Listyo sebagai Kapolri baru cukup bagus dan membuat masyatakat tidak ragu untuk mempercayakan posisi Kapolri diemban oleh Listyo.

"Secara konsep apa yang disampaikan dalam fit and proper di DPR kemarin tidak ada kata tidak untuk menyetujui. Semua baik, dan proporsional," kata Bambang saat dihubungi Indozone, Jumat (22/1/2021)

Meski begitu, Bambang mengkritisi terkait konsep yang dibawa oleh Listyo. Dia berharap konsep yang dibawa Listyo buka  hanya sekedar konsep namun dapat diimplementasikan saat menjabat sebagai Kapolri.

"Hanya saja bagaimana implementasinya di lapangan harus kita kawal. Jangan sampai muncul pameo (sindiran) ganti Kapolri sekedar ganti jargon, dari promoter ke presisi, tapi tanpa ada bukti dan implementasi yang konkrit," kata Bambang.

Lebih jauh Bambang menyebut harus ada pengawasan terhadap Polri ke depannya. Polri juga harus bersikap terbuka terhadap masyarakat.

"Pengawasan itu sangat penting untuk menjaga public trust. Transparansi yangberkeadilan hanya akan sekedar jargon bila minus pengawasan dan pengawasan dengan melibatkan masyarakat tentunya harus menjadi skala utama dalam program ke depan," pungkasnya

Artikel Meanrik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X