Anies: Jakarta Waspada Banjir, Kiriman Air dari Bogor Sampai Sore Ini

- Kamis, 20 Februari 2020 | 16:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan kepada awak media di GOR UNJ, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan kepada awak media di GOR UNJ, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengimbau warganya untuk tetap waspada banjir menyusul tingginya intensitas hujan di wilayah Bogor sejak semalam. Bahkan, ketinggian air di Bendung Katulampa terus meninggi hingga menyentuh level siaga 3.

"Ketinggiannya 150 cm, sekitar dua jam. Jadi diperkirakan air itu akan sampai di Jakarta sekitar pukul 2 sampai 4 sore ini," kata Anies ditemui di GOR UNJ, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Anies mengatakan, meningkatkan ketinggian air telah disampaikan kepada warga agar tetap waspada. Sehingga, jika banjir datang masyarakat sudah siap dan siaga.

"Kita sudah mengabarkan kepada semua masyarakat di bantaran sungai untuk waspada," katanya.

Dia menjelaskan, meskipun tinggi air meningkat di Katulampa akan tetapi tidak begitu dikhawatirkan. Sebab, permukaan air laut sejauh ini masih landai, sehingga aliran sungai Kali Ciliwung bisa dialirkan agar tidak terjadi banjir.

"CIliwung bisa dikosongkan, bisa dialirkan, Manggarai dikosongkan sehingga Insya Allah siap untuk mengantisipasi air yang datang dari kawasan hulu. Dan mudah-mudahan bisa terkendali dengan baik," lanjutnya.

"Itu Manggarai sekarang dalam kondisi normal ketinggiannya 695 cm. Artinya dalam kondisi siaga 4, itu normal. Kemudian kita melakukan pengosongan supaya bisa menampung air yang dikirim dari hulu," sambung dia.

Selama ini, Jakarta memang sudah menjadi langganan banjir baik karena banjir kiriman maupuan yang diakibatkan tinggi intensitas hujan.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X