Erick Thohir akan Renovasi Lokananta

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Lokananta (Twitter/@erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir di Lokananta (Twitter/@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir akan merenovasi Lokananta, sebuah studio rekaman piringan hitam pertama Indonesia dan aset bersejarah milik Badan Usaha Milik Negara. Pada era seperti sekarang, aset berharga seperti ini sangat disayangkan kalau dibiarkan terlantar.

Tekat merenovasi Lokananta ini diutarakan Erick Thohir dalam unggahan akun instagram resminya @erickthohir, Senin 8 Agustus 2022.

"Sangat disayangkan. Itu yang pertama kali terlintas di kepala saya saat melangkahkan kaki di Lokananta," tulis Erick Thohir.

Lebih lanjut Erick Thohir menegaskan, dengan merenovasi Lokananta ini, maka masyarakat Indonesia bisa menikmati saksi sejarah perkembangan musik Tanah Air. Pada saat bersamaan, Lokananta nantinya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan industri musik Indonesia. 

"Studio rekaman pertama di Indonesia ini, adalah aset BUMN bersejarah yang dimakan zaman. InsyaAllah akan kami perbaiki agar kembali bisa dimanfaatkan para musikus untuk berkarya. Saya ingin masyarakat juga bisa menikmati saksi sejarah perkembangan musik di Indonesia," papar Erick Thohir lagi.

Dalam video yang dibagikannya, Erick Thohir tampak melihat kondisi Lokananta terkini. Ia mengelilingi gedung itu dan melihat sejumlah ruangan yang tampaknya seperti tidak terurus. Ia juga sempat melihat sejumlah koleksi rekaman yang terpajang di rak. Erick Thohir juga sempat melihat poster rekaman Asian Games 1962.

"Sedih kalau melihat barang-barang sejarah yang...'" kata Erick Thohir sambil jalan dan tidak melanjutkan kalimatnya.

-
Erick Thohir akan Renovasi Lokananta (Istimewa)

Erick Thohir kemudian memasuki ruang rekaman dan melihat peralatan rekaman yang tampak masih asli sejak berdiri pada 1956.

"Jadi semua ini masih asli? Sampai dalamnya?" tanya Erick Thohir kepada petugas di Lokananta.

Dari ruang rekaman itu, Erick Thohir keluar dan bertemu dua orang pemuda yang juga mau melihat-lihat Lokananta. Kepada mereka, Erick Thohir meminta pendapat tentang mau diapakan Lokananta itu. Keduanya sepakat agar Lokananta direnovasi dan jangan dibongkar.

"Alhamdulilah. Sayang gedung bersejarah ini kalau tidak diurus," ujar Erick Thohir sambil memegang kepalanya.

Lokananta adalah studio rekaman piringan hitam pertama di Indonesia milik BUMN. Kantor  Lokananta ini terletak di Solo, Jawa Tengah, dan sekarang menjadi bagian dari BUMN Percetakan Negara Republik Indonesia. Lokananta didirikan pertama pada 29 Oktober 1956 oleh R Maladi dan kawan-kawan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X