Di Acara BCOMSS 2023, Erick Thohir Ajak Insan BUMN Berani Bicara Fakta

- Jumat, 10 Maret 2023 | 11:17 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dok. Kementrian BUMN)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dok. Kementrian BUMN)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ketiga kalinya menggelar BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan, saat ini adalah era keterbukaan, era civil society telah menjadi bagian kehidupan. Oleh karena itu, ia mendorong agar semua BUMN memberitakan kinerja dan jangan ada yang ditutup-tutupi. 

“Saya mendorong untuk kita harus berani bicara fakta, bukan menutup fakta. Kinerja ataupun kebijakan yang sudah bagus perlu kita sampaikan karena itu adalah solusi”, ujar Erick dalam sambutannya di acara BCOMSS Awarding Night 2023, Kamis (9/3/2023). 

Setiap BUMN perlu memiliki infrastruktur yang mumpuni untuk menunjang peranan komunikasi publik terhadap pemberitaan di perusahaan-perusahaan pelat merah. Hal ini bisa dilakukan melalui media online maupun offline. Terpenting, kedua media tersebut bisa menjembatani informasi dari BUMN ke masyarakat. 

Selain infrastruktur, lanjut Erick, dukungan dari pihak internal juga memiliki peranan penting dalam kelancaran komunikasi publik untuk pemberitaan BUMN.

Baca Juga: Lewat Rumah BUMN, BRI Bantu Promosikan Keunikan Sepatu & Sandal Rajut dari Tarutung

“Karyawan BUMN juga harus ikut berpartisipasi aktif menyuarakan berita, kebijakan ataupun kinerja dari BUMN sehingga bisa membangun kebanggaan atas perusahaan tempat karyawan bernaung”, ujar Erick.

Selain membahas tentang corporate communication dalam kegiatan BCOMSS Awarding Night 2023, Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) juga menjadi pokok bahasan. 

Menurut Erick, TJSL yang disalurkan BUMN harus memiliki sifat sustainability agar manfaat yang dirasakan masyarakat bisa terus berlanjut.

-
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dok. Kementrian BUMN)

“Dalam acara BCOMSS 2023 ini saya juga men-challenge dalam hal sustainability, agar program yang berkelanjutan bisa diterima di masyarakat dan juga menjadi solusi untuk masyarakat dan juga untuk BUMN,” pungkasnya. 

Adapun ajang BCOMSS 2023 mengusung tema ‘Membawa Indonesia ke Panggung Dunia’. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja praktek komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN.

Baca Juga: Legislator Sambut Baik Keputusan Erick Thohir Relokasi Depo Pertamina Plumpang

BCOMSS 2023 bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai campaign media, baik media massa maupun media sosial dan juga update knowledge tentang TJSL berkelanjutan. Hal ini selaras dengan komitmen Kementerian BUMN untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat dan BUMN.

Sebagai informasi, pada acara BCOMSS Awarding Night 2023 diumumkan pemenang untuk beberapa kategori yang terbagi atas dua bidang. Adapun bidang tersebut yakni bidang communication dan sustainability. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X