Viral, Keluarga Nekat Bawa Pulang Jenazah Corona dan Dimandikan

- Rabu, 25 Maret 2020 | 13:01 WIB
Ilustrasi pasien virus corona ditangani petugas medis (ANTARA)
Ilustrasi pasien virus corona ditangani petugas medis (ANTARA)

Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona di Kolaka, Sulawesi Tenggara meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUD Bahteramas, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dalam video yang beredar, terlihat keluarga membawa jenazah tersebut menggunakan kendaraan pribadi. Jenazah perempuan berusia 34 tahun tersebut diletakkan di bagasi mobil dan masih dalam kondisi terbungkus plastik.

Keluarga yang sudah berkumpul di rumah almarhumah terlihat histeris dan menangis saat jenazah dikeluarkan dari bagasi mobil lalu dibawa ke dalam sebuah kamar. Jenazah diletakkan di tempat tidur dan dibuka plastik pembungkusnya. Terlihat seorang perempuan mencium wajah jenazah tersebut, sementara dua laki-laki lain membuka tali yang mengikat kedua tangan dan kaki jenazah. 

Jenazah tersebut masih mengenakan pakaian terakhir yang dia kenakan dan mengenakan kerudung berwarna biru. Belakangan diketahui, keluarga menolak jenazah ditangani dengan standar Covid-19. Jenazah juga dimandikan oleh pihak keluarga sebelum akhirnya dimakamkan. 

Direktur RSUD Bahteramas Syarif Subijakto membenarkan ada seorang PDP yang meninggal dunia. Pasien tersebut merupakan warga Kolaka dan sudah menjalani tes Covid-19 namun hasilnya belum keluar.

"PDP meninggal belum positif (corona), meninggal karena faktor penyakitnya yaitu bronkopneumonia. Baru dua hari dirawat, ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam," tutur Syarif.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X